INFO

Gereja Galilea Palangka Raya Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung Ikuti melalui Youtube

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Peringatan Jumat Agung pada tahun 2020 ini jatuh pada hari Jumat tanggal 10 April 2020. Jumat Agung adalah hari peringatan dari peyaliban Yesus Kristus di bukit Golgota. Jumat Agung selalu diperingati setiap tahun pada hari jumat sebelum minggu Paskah.

Namun peringatan Jumat Agung tahun ini, seluruh umat di dunia dan bangsa Indonesia sedang dalam kondisi darurat Covid-19. Tetapi Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) tetap berkomitmen tidak mengumpulkan orang banyak, demi memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 agar tidak semakin meluas, sehingga pelaksanaan Perjamuan Kudus dalam memperingati Jumat Agung dilaksanakan secara online dari rumah-rumah anggota jemaat.

Untuk itu Majelis Jemaat GKE Galilea yang beralamat di Jl. Damang Batu No.13 Palangka Raya, melaksanakan ibadah pelayan Perjamuan Kudus dengan sehari sebelumnya diadakan shooting tata ibadah dan pada pagi hari Jumat, (10/4/2020) hasil rekamannya dibagikan link-nya kepada warga jemaat melalui group WhatsApp jemaat dalam bentuk siaran tunda di youtube.

Dalam bentuk ini warga jemaat bisa mengikuti tata ibadah Perjamuan Kudus lebih fleksibel memilih waktunya, kata Ketua MJ. GKE Galilea, Pdt. Bessy Breinziskarowe, M.Th, dengan sehari atau dua hari sebelumnya warga jemaat dipersilahkan mengambil hosti (roti sakramen) dan anggur pada kantor BPH, ungkapnya setelah dikonfirmasi oleh awak media center, Selasa (7/4/2020).

Lebih lanjut Bessy mengatakan, kenapa MJ. GKE Galilea tidak mengadakan live streaming, takutnya sedang melaksanakan ibadah bisa terjadi gangguan jaringan internet sehingga ibadah terganggu dan tidak hikmad.

Sedangkan untuk warga jemaat yang tidak ada hubungan internetnya, dianjurkan bisa mengikuti ibadah bersama tetangga terdekat, dengan tetap memperhatikan physical distansing. Tetapi kalaupun tidak ada juga, bisa ibadah dipimpin oleh orang yang dituakan di rumah tersebut dengan menggunakan liturgi dan tata ibadah yang sudah didistribusikan sebelumnya, pungkas Bessy. (MC. Isen Mulang/ykris/dk).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*