INFO

Gubernur Kalteng Keluarkan Surat Keputusan Pembatasan Arus Masuk Dari Luar Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Semakin maraknya penyebaran Corona Virus Disease (covid-19) di Kalimantan Tengah khususnya di Kota Palangka Raya yang terus bertambah, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pembatasan arus masuk orang yang datang dari luar provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (1/4/2020).

Dalam SK tersebut dikatakan bahwa pembatasan arus masuk dilakukan dengan 2 cara yaitu pencegahan arus masuk melalui darat, laut, sungai dan udara berupa mitigasi (tindakan mengurangi dampak bencana), deteksi dan sosial edukasi.

Selanjutnya, penanganan terhadap arus masuk orang yang datang melalui darat laut, sungai dan udara berupa isolasi, karantina dan tindakan medis.

Surat Keputusan yang dikeluarkan berlaku mulai tanggal 31 Maret 2020 hingga 2 (dua) minggu ke depan dan akan ditinjau kembali setelah dievaluasi.

Sugianto Sabran menyampaikan dikeluarkannya SK dengan nomor 188.44/94/2020 sebagai langkah cepat, strategis dan tepat untuk menghambat penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kalteng.

Dari pres rilis yang dikeluarkan Media Center Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah tanggal 1 April 2020 jumlah terpapar positif Covid-19 ada 10 orang.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 608 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 34 orang serta yang telah dinyatakan sembuh 2 orang.

Lebih lanjut Gubernur Sugianto Sabran juga menghimbau masyarakat Kalteng untuk proaktif mendukung kebijakan yang diambil pemerintah dalam upaya pencegahan pandemi COVID-19 saat ini dengan cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan melakukan pembatasan sosial atau ‘social distancing’, serta rajin cuci tangan pakai sabun dengan menggunakan air mengalir. (MC. Isen Mulang/Rani/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*