INFO
Gubernur Tambahkan Bonus hadiah FBIM 1,5 Milyar

Gubernur Tambahkan Bonus hadiah FBIM 1,5 Milyar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Even akbar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 resmi dibuka, menandai dimulainya lomba-lomba olahraga tradisional dan lomba seni budaya yang merupakan ciri khas pada agenda tahunan tersebut, salah satunya lomba karnaval budaya.

Seperti pada Selasa (18/6/2019) sore, karnaval budaya digelar dengan mengambil start di Bundaran Besar Palangka Raya dan finish di Taman Kuliner Tunggal Sangumang ujung jalan Yos Sudarso Kota Palangka Raya.

Karnaval diikuti Setidaknya  2.250 peserta dari 14 kabupaten/kota serta turut diikuti pula oleh sejumlah peserta dari perwakilan OPD dan Forkopimda Provinsi Kalteng.

Ada hal yang menarik disampaikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang hadir secara langsung, sesaat sebelum melepas peserta karnaval. Dimana ia menjanjikan untuk menambah bonus hadiah bagi para pemenang FBIM ini.

“Pada pembukaan FBIM Sugianto menambah bonus  kepada pemenang FBIM dengan total sebesar Rp.500 Juta. Namun bonus tersebut  ditambah lagi dengan total keseluruhan menjadi 1,5 Milyar,” sebut Sugianto, disambut aplus ribuan warga yang datang kelokasi start karnaval di Bundaran Besar Palangka Raya.

Diberikan bonus ini lanjut Sugianto merupakan wujud kepedulian Pemprov Kalteng pada pengembangan industri pariwisata serta kebudayaan Kalteng. “Karena sumber kekutaan ekonomi bukan hanya pada SDM, tapi juga dari sektor pariwisata dan kebudayaan,” terangnya.

Oleh karena itu orang nomor satu di Kalteng ini, mengajak semua pemerintah daerah dan masyarakat untuk saling  bekerjasama dan terus berbenah dalam pengembangan seni budaya dan pariwisata.

Sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Guntur Talajan dalam laporannya  mengatakan, FBIM 2019 adalah agenda  yang ke-26  kalinya digelar yang bertujuan  sebagai pelestarian  dan pengembangan inovasi kreatifitas kebudayaan kesenian, kearifan lokal  Dayak Kalteng.

“Even ini diharapkan membawa dampak pada peningkatan pengunjung atau penonton terutama dari para wisatawan,” harapnya.

Sebagaimana diketahui FBIM 2019 di Palangka Raya kali ini digelar dari tanggal 17 sampai dengan 22 Juni 2019. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*