TERKINI
Walikota :  Kolaborasi Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid-19

Walikota : Kolaborasi Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid-19

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, selain melakukan inovasi dan mengambil langkah strategis percepatan penanganan Covid-19 di kota setempat, maka berbagai upaya secara humanis dan berbasis partisipasi masyarakat, kearifan lokal penting diterapkan.

Ungkapan tersebut disampaikan wali kota melalu surat edarannya Nomor : 368/125/BPBD/COVID-19/V/2020, tentang pelaksanaan pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan corona virus disease (Covid-19) di Kota Palangka Raya.

“Gugus tugas Covid-19 Kota Palangka Raya harus memastikan pelaksanaan humanis dan berbasis partisipasi masyarakat dalam penanganan Covid-19 ini dapat terlaksana sampai ke tingkat Kelurahan,”tegas Fairid sebagaimana surat edaran yang beredar, Senin (1/6/2020).

Gugus tugas lanjut Fairid juga harus melakukan sosialisasi seluruh kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang berhubungan dengan pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19.

“Tak kalah penting mengawasi serta mengkoordinasikan pelaksanaan surat edaran wali kota Palangka Raya secara menyeluruh agar berjalan optimal,”ungkapnya.

Selain gugus tugas, maka untuk kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya lanjut Fairid, diminta dapat memastikan layanan kesehatan bagi ODP, PDP dan pasien konfirm Covid-19 dan OTG sesuai dengan protokol kesehatan.

Selain itu memastikan layanan kesehatan dasar di fasilitas kesehatan (Puskesmas dan Rumah Sakit) bagi masyarakat berjalan optimal. Berikutnya memastikan Call Center Cegah Covid-19 milik Pemerintah Kota
Palangka Raya di nomor telepon : 0821-5733-6165 harus On Line dan operasional 24 jam.

“Selanjutnya memastikan Tim Ambulansi Pahandut milik Pemerintah Kota Palangka Raya di nomor telepon : 0852-1510-2030 harus On Line dan operasional 24 Jam,”jelas Fairid.

Berikutnya lanjut Fairid untuk kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Palangka Raya, untuk mengawasi dan memastikan seluruh pelaku usaha di kota setempat untuk melaksanakan surat edaran walikota Palangka Raya.

“Memastikan semua pelaku usaha untuk melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat,’tuturnya.

Sedangkan untuk kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, dapat mengawasi dan memastikan pelaksanaan arus masuk orang yang datang dari luar wilayah Kota Palangka Raya berdasarkan surat edaran dan keputusan Wali Kota Palangka Raya.

“Mengkoordinasikan dan melaporkan dalam hal terdapat kendala dan permasalahan dalam pelaksanaannya,”pungkas Fairid. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*