INFO
Gugus Tugas Palangka Raya Diganti Menjadi Satgas Covid-19

Gugus Tugas Palangka Raya Diganti Menjadi Satgas Covid-19

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagaimana diketahui Presiden Joko Widodo telah menghapus Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kemudian diganti dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Keputusan ini setelah Jokowi menekan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang ditandatangani pada 20 Juli 2020 yang lalu.

Implementasi keputusan itupun secara otomatis diikuti daerah-daerah di tanah air. Termasuk Kota Palangka Raya yang nota bene merupakan ibukota Provinsi Kalteng,

“Gugus tugas covid-19 resmi di bubarkan. Akan tetapi ada penggantinya yang dinamakan satgas penanganan covid-19. Tugas pokok dan fungsinya tidak jauh berbeda,”ungkap Wakil Wali Kota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah,Selasa (4/8/2020).

Sejauh ini jelas dia, bila melihat kinerja gugus tugas percepatan penanganan covid-19, lebih berfokus pada penanganan, pencegahan dan menekan angka sebaran covid-19. Sedangkan untuk kinerja satgas penanganan covid-19, lebih berfokus pada penanganan covid-19 serta recovery economy.

Kemudian, bila mengacu pasal 6 dalam salinan Perpres itu, maka kinerja satgas penanganan covid-19, yakni melaksanakan, mengendalikan serta mengimplementasi kebijakan strategis yang berkaitan dengan penanganan covid-19.

“Satgas yang baru ini tentunya berfokus pada arahan Presiden Republik Indonesia, yakni penanganan covid-19 dan pemulihan sektor ekonomi. Dimana harus dijalankan secara seimbang,”jelas Umi.

Umi pun berharap, satgas covid-19 yang baru dapat melakukan tugas sebagaima kinerja pada gugus tugas sebelumnya. Walaupun disadari, kurang lebih lima bulan tim terus berjuang dalam melakukan sosialisasi, edukasi maupun pengetatan protokol kesehatan bagi masyarakat

‘Iya, kepada personil maupun relawan yang kini tergabung dalam satgas Covid-19, diharap tetap semangat dalam melakukan penangan pandemi ini,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*