INFO
Gunakan Dana Kelurahan dengan Tepat dan Bijak

Gunakan Dana Kelurahan dengan Tepat dan Bijak

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah mengingatkan, jajaran pemerintahan kelurahan dan hingga kecamatan dapat memanfaatkan serta mempergunakan dana kelurahan yang sudah dicairkan dengan tepat serta bijak.

“Kita ketahui pemerintah pusat sudah menggelontorkan dana bagi semua kelurahan, maka dana itu harus benar-benar dipergunakan dengan tepat. Terutama sejalan dengan RPJMD,” kata Umi, Jumat (1/11/2019).

Bagi Kota Palangka Raya itu sendiri kata dia, maka dana kelurahan tersebut sebisa mungkin diprioritaskan pada sektor pembangunan dan perbaikan sarana publik, serta harus selaras dengan capaian visi dan misi Pemerintah Kota Palangka Raya sebagaimana yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Terlepas dari itu semua ucap Umi, maka harus diakui tidak sedikit pejabat lurah di Kota Palangka Raya banyak dijabat oleh pejabat baru. Sehingga pengetahuan mengenai tata cara swakelola harus diperdalam dan diberikan pendampingan melalui instansi terkait.

“Maka itulah setiap lurah harus menguasai teknis swakelola yang sesuai dengan juklak/ juknis, sehingga ketika menggunakan dana kelurahan bisa diterapkan dengan baik,” harapnya.

Disinggung upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi dana kelurahan, maka sebut Umi pihaknya telah  membuat satu memorandum bersama Inspektorat dan BPKAD, dimana kedua OPD teknis tersebut mempunyai aturan-aturan yang mengatur tentang pertanggungjawaban penggunaan anggaran kelurahan.

“Dengan begitu tidak ada ruang terjadinya pelanggaran, maupun hal-hal yang menyebabkan terjadinya korupsi pada penggunaan dana kelurahan,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/prokom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*