INFO
Gunakan Masker Cegah Bahaya Asap dan Debu

Gunakan Masker Cegah Bahaya Asap dan Debu

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam beberapa hari terakhir ini, kabut asap tipis masih terlihat di langit wilayah kota Palangka Raya. Dampaknya pun kini mulai dirasa mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari.

Kekhawatiran, dampak dari udara berasap serta udara bercampur debu saat musim kemarau saat ini, bisa saja  membuat masyarakat terutama para pelajar terpapar berbagai penyakit, seperti  batuk, flu dan sakit tenggorokan maupun diare.

Menyikapi hal tersebut, kalangan anggota DPRD Palangka Raya mengimbau masyarakat, terutama peserta didik untuk dapat menggunakan masker guna menghindari kabut asap yang hingga kini masih terasa terutama pada pagi hari.

“Kasihan peserta didik, yang masih duduk di bangku pendidikan usia dini,  pendidikan dasar maupun menengah pertama. Karena pagi-pagi mereka sudah berangkat ke sekolah disaat asap sedikit terasa,” ungkap Wakil Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Subandi, Rabu (24/7/2019).

Menurutnya, jika hal ini tidak diantisipasi oleh banyak pihak maka bahaya kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akan sangat berdampak bagi kesehatan.

Kandungan kimia yang terdeteksi melalui kabut asap ini banyak menghasilkan karbondioksida dan sulfur (belerang) yang bisa menyebabkan permasalahan kesehatan, khususnya gangguan pernapasan hingga mengidap penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Dalam situasi ini, maka diharapkan peran orang tua dan guru harus mengingatkankan anak didiknya menggunakan masker ketika berangkat maupun pulang sekolah,” ingat Subandi.

Selain itu ia menyarankan agar masyarakat dapat mengurangi aktivitas di luar rumah, kalaupun melakukan aktivitas yang sifatnya mendesak diupayakan menggunakan masker.

Masyarakat harus berperan aktif menciptakan situasi siap siaga dilingkungannya masing-masing. Terutama mencegah terjadinya karhutla

“Karhutla jangan dipandang sebelah mata, karena tidak bisa diprediksi titik api yang membesar dan memberi dampak bagi kesehatan,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*