INFO
Gunakan Masker Cegah ISPA

Gunakan Masker Cegah ISPA

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya,  Subandi mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap dampak ditimbulkan dari kabut asap yang terjadi dalam beberapa  pekan terakhir akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Masyarakat, terutama para peserta didik sebisa mungkin menggunakan masker. Meskipun frekuensi asap masih tipis. Namun kadar berbahaya bagi kesehatan akan selalu ada,” ungkapnya. Minggu (4/8/2019).

Subandi menilai, karhutla yang terjadi dimusim kemarau ini akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat. Seperti faktor kerusakan lingkungan hingga indikator kesehatan.

“Memang harus ada upaya bersama dalam penanganan karhutla ini. Terutama  jangan sampai efeknya membuat masyarakat banyak terpapar,” jelasnya.

Bila berdasarkan sudut pandang kesehatan lanjut Subandi, maka efek dari kabut asap akibat karhutla, yakni  asap yang ditimbukan memiliki kandungan kimia, banyak menghasil karbondioksida dan sulfur (belerang) yang bisa menyebabkan permasalahan kesehatan. Terutama penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Mereka yang mudah terkena gangguan kesehatan ini ialah orang yang lanjut usia, ibu hamil dan balita,” tuturnya lagi.

Pada bagian lain Subandi menilai, selain kesehatan, maka kabut asap karhutla juga  telah memberikan dampak negatif bagi lingkungan masyarakat. Seperti faktor kerusakan lingkungan.

Karenanya kata dia, pemerintah bersama masyarakat harus berperan aktif dalam  meningkatkan kesadaran sekaligus menciptakan situasi siap siaga dilingkungannya masing-masing.

“Karhutla ini jangan dipandang sebelah mata karena tidak bisa diprediksi titik api yang membesar. Semuanya harus bahu membahu menekan terjadinya karhutrla,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*