INFO
Guru SMAN 5 Palangka Raya Siap Menulis Artikel Jurnal

Guru SMAN 5 Palangka Raya Siap Menulis Artikel Jurnal

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagai fasilitator pembelajaran, guru tentu selalu berusaha menerapkan dan memanfaatkan kiat, strategi, model, dan evaluasi  dalam membimbing siswanya.

Berangkat dari perencanaan dan berlanjut dengan proses serta berujung dengan evaluasi, guru sesungguhnya telah memiliki beragam pengalaman yang bisa dituliskan dalam laporan.

Laporan lengkap dan sistematis inilah yang bisa disusun menjadi artikel. Artikel pembelajaran ini pulalah yang bisa dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.

Menulis artikel ilmiah dalam publikasi ilmiah telah menjadi salah satu syarat bagi guru untuk mengusulkan kenaikan pangkat sesuai Permen PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009.

Hal ini tentu menjadi isyarat bahwa guru mesti tergerak untuk mau menulis artikel ilmiah terkait dengan kegiatan pembelajaran yang diampunya.

Berkaitan dengan itu, SMAN 5 Palangka Raya merespons positif  tatkala Universitas Palangka Raya (UPR) melalui Program Pengabdian Masyarakat (PPM) berkenan menyelenggarakan pelatihan menulis artikel jurnal ilmiah untuk lebih 30 guru dari berbagai mata pelajaran, berlangsung di SMA 5 Jalan Tingang Km 3,5 Kota Palangka Raya, Sabtu (26/10/2019).

“Kita opitimistis kegiatan ini akan memberikan motivasi kuat kepada para guru untuk memantapkan diri pasti bisa menulis artikel, untuk menyempurnakan tugas sebagai pendidik sekaligus sebagai bagian dari persiapan mengajukan kenaikan pangkat,” sambut Wakasek Urusan Kurikulum, Yumiasi Tara mewakili kepala sekolah.

Berlanjut dengan hal itu, pemaparan dan diskusi penulisan artikel jurnal berlangsung. Karelius dan Revianti Coendraad dari PPM UPR memandunya.

Beragam karya tulis ilmiah dan non ilmiah yang bisa diterbitkan di media seperti surat kabar, buku, dan jurnal ber-ISBN. Penerbitan bisa dilakukan melalui media berskala lokal, nasional, hingga internasional.

Jika artikel orisinal diterbitkan tentu akan mendapatkan poin angka kredit yang sesuai ketentuan yang berlaku. Semua guru sesuai bidang studi yang diampunya tentu telah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan penilaian.

Beragam strategi, model, media, dan penilaian telah diterapkannya. Pengalaman nyata itu bisa disusun menjadi artikel sesuai dengan ketentuan atau kriteria yang berlaku. Oleh karena itu para guru mesti bisa menyusun artikel jurnal sendiri tanpa melakukan plagiasi.

Tanya jawab, diskusi, klarifikasi, dan konfirmasi berlangsung. Para guru mematangkan rencana untuk memastikan menyusun artikel jurnal. Judul, rencana penelitian, dan kemauan menyusun artikel dimatangkan. Pembimbingan dan fasilitasi pempublikasian melalui jurnal ilmiah akan difasilitasi oleh UPR. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*