INFO
Guru Wajib Manfaatkan Aplikasi Buku Digital

Guru Wajib Manfaatkan Aplikasi Buku Digital

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guru SMAN 5 Palangka Raya, I Wayan Muliana mengatakan di era modernisasi saat ini menjadi kewajiban bagi guru atau tenaga pendidik memanfaatkan aplikasi buku digital.

Dengan E-book, maka seorang tenaga pendidik akan lebih mudah dalam mengelola administrasi pembelajaran secara praktis, efisien, ringan, serta aman.

Dengan buku digital, maka banyak administrasi guru yang bisa disimpan dan dikelola di dalamnya seperti kalender, pendidikan, silabus atau RPP, dan prota atau promes.

“Bisa juga untuk membuat jadwal, absensi siswa, kartu soal atau kisi-kisi, dan analisis Minggu efektif,” kata I Wayan saat menjadi pemateri dalam in house training siswa baru, di SMA 5, Jumat (19/7/2019).

Guru lainnya, Sri Rahayu juga sependapat dengan I Wayan. Di jaman modern saat ini penyampaian pembelajaran sudah berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Menurutnya aplikasi berbasis TIK sangat penting untuk memudahkan akses dalam menyelenggarakan pembelajaran. Dengan aplikasi ini keterampilan guru dalam menjalankan tugasnya sebagai fasilitator, pelatih, mentor, kolaborator dan mitra belajar akan bertambah.

“Sehingga diharapkan kualitas pelaksaan tugasnya meningkat. Memang aplikasi ini memerlukan perangkat TIK dan paket data internet. Untuk sekolah ini yang sudah memiliki fasilitas tentunya akan dapat dilaksanakan dengan baik,” tandasnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*