INFO
Halaman Dua Sekolah di Tumbang Rungan Palangka Raya Terendam Banjir

Halaman Dua Sekolah di Tumbang Rungan Palangka Raya Terendam Banjir

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wilayah Kota Palangka Raya saat ini sudah memasuki musim penghujan. Bahkan dalam beberapa pekan terakhir  hujan terus mengguyur di wilayah Ibukota Provinsi Kalteng tersebut, baik dalam intensitas tinggi maupun sedang.

Durasi hujan yang terus mengguyur wilayah Kota Palangka Raya saat ini tentu salah satu yang dikuatirkan akan berdampak pada meluapnya kawasan bantaran daerah aliran sungai (DAS).

Seperti yang disampaikan Kasubbag Protokol dan Komunikasi Setda Kota Palangka Raya, Hadriansyah dalam pesan Whatsapp, Sabtu (24/11/2018), menyampaikan bahwa di halaman  SD Negeri  Tumbang Rungan dan SMP Satu Atap di wilayah Kelurahan Tumbang Rungan Palangka Raya, terendam oleh air dengan ketinggian mencapai 60 cm.

“Terendamnya halaman kedua sekolah ini, disebabkan meluapnya air sungai di kawasan Rungan, yang saat ini debit air sungai mulai tinggi,” ungkapnya,

Sementara itu Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor, mengatakan  ada kecenderungan debit air, khususnya di bantaran daerah aliran sungai (DAS) yang ada di Palangka Raya mengalami kenaikan, akibat hujan yang dalam beberapa hari terakhir terus mengguyur.

“Sebab itu kami mengingatkan masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan DAS untuk selalu waspada, sebab bisa saja manakala hujan turun, air sungai meluap dan terjadi banjir dadakan,” ucapnya.

Kata Sugianor, apabila berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, maka banjir yang kerap terjadi di Kota Palangka Raya lebih dikarenakan akibatnya meluapnya air di kawasan DAS. Seperti DAS Kahayan, Sebangau dan DAS Rungan.

“Seperti tahun sebelumnya, mereka yang berada di kawasan DAS selalu terpapar terkena banjir dadakan akibat meluapnya air sungai. Jadi harus selalu waspada,” pesannya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*