INFO
Harga dan Stok Komoditas Pangan Relatif Normal

Harga dan Stok Komoditas Pangan Relatif Normal

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama  jajaran OPD maupun Forkopimda serta tim satgas pangan dan pihak Pertamina.

Sidak yang dilakukan pada Rabu (29/5/2019) yang lalu, salah satunya menyasar pada lapak-lapak pedagang di Pasar Kahayan untuk memantau sejumlah harga komoditas pangan yang dibutuhkan masyarakat menjelang hari raya idulfitri 1440 Hijriyah.

“Pemerintah kota bersama tim satgas pangan, Kapolres, Pertamina dan Kodim memantau harga terkini sejumlah komoditas pangan,” ucap Fairid, usai sidak.

Menurutnya, dari pantauan saat ini stok pangan masih tercukupi dan tetap pada kondisi stabil, untuk itu  kepada para pedagang agar tetap menjual pasokan pangan sesuai dengan harga standar dan bersifat wajar.

“Dengan harga yang wajar ini, masyarakat bisa menjangkaunya. Apalagi selama bulan Ramadan dan mendekati perayaan Idul Fitri,” ucapnya lagi.

Dikatakan Fairid, kenapa pihaknya melakukan kontrol harga komoditas di Pasar Kahayan, karena pasar itulah menjadi salah satu pasar yang menorehkan prestasi di level nasional.

“Pasar kita ini telah meraih peringkat ketiga sebagai pasar aman dan higienis dari pemerintah pusat. Jadi tentunya aman juga dalam harga,” cetusnya.

Selain itu tambah Fairid, sidak juga dimaksudkan untuk melihat secara langsung sarana dan prasarana pasar, untuk tetap mepertahankan budaya kebersihannya dan berupaya mempertahankan ketersediaan stok dengan harga yang stabil.

“Untuk sementara ini tidak ada gejolak. Hanya saja, kami tetap akan melakukan pengawasan secara menyeluruh setelah lebaran untuk mengantisipasi inflasi harga pangan,” tegasnya.

Fairid berkeyakinan, jika stok kebutuhan pokok selama  Ramadan dan menjelang idulfiri hingga pasca lebaran tidak mengalami permasalahan. 

“Bisa dilihat, harga komoditas bawang merah rata-rata berkisar Rp30-35 ribu yang sebelumnya mengalami lonjakan sampai dengan Rp60 ribu, namun sekarang berangsur-angsur turun. Hanya untuk harga daging ayam kampung yang relatif tinggi dengan harga Rp 70-75 ribu. Namun terpenting stok dan harga komoditas masih relatif normal,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*