INFO

Hari Air Sedunia ke-XXV dimeriahkan dengan Lomba Angkat Lumpur

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Memperingati Hari Air Sedunia ke-XXV, Pemerintah Kota Palangka Raya bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Kalimantan II menggelar Lomba Angkat Lumpur, Rabu (22/3/2017) pagi.

Lomba ini digelar di parit pengaringan Pinus Permai II Kota Palangka Raya. Yang hadir pada acara tersebut Walikota Palangka Raya Riban Satia, Wakil Walikota Mofit Saptono Subagio, Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Wahyu Nugroho, Direktur PPLP Ditjen Cipta Karya Ir Dody Krispramadi, Kasrem 102 Panju Panjung Letkol Kav Enda Mora Harahap,Perwakilan dari Kepolisian Resort Kota Palangka Raya dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Palangka Raya.

“Kami berharap bapak-bapak ini nantinya menjadi pionir kebersihan sungai dan air di wilayah masing-masing,” harap Riban.

Dia menuturkan, lomba tersebut hendaknya dilakukan dengan niat hati tulus dan ikhlas tanpa paksaan. “Lomba hanya sebuah wadah kita untuk bersilaturahmi, bagaimana kita menjadi contoh dilingkungan kita masing-masing agar menjaga kebersihan,” ucapnya.

“Setelah ini bapak-bapak mengajak warga di lingkungan agar tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan air,” pesannya.

Sementara itu Wahyu Nugroho mengatakan ada 30 grup masing-masing 10 orang dalam satu grup yang mengikuti lomba. Tiap peserta juga dipantau langsung oleh dua dewan juri.

Tujuan digelarnya lomba ini untuk mengajak masyarakat menjaga lingkungan. “Jangan buang sampah seenaknya di parit. Parit harus dijaga. Kalau tidak dijaga lama-lama akan menumpuk. Kalau sudah demikian nanti tidak mampu menampung debit air, sehigga menimbulkan genangan atau banjir” katanya.

Warga sekitar sangat antusias dengan diadakannya lomba tersebut. Ini terbukti saat pihaknya membuat batas-batas parit untuk peserta lomba, warga turut serta membantu. “Kami berharap even ini terus kita lakukan. Sekarang disini, kedepan akan berpindah tempat,” tuturnya.

Pantauan di lapangan, ratusan peserta lomba sangat antusias mengikuti lomba itu. Tidak hanya warga biasa, Satpol PP, TNI dan Polri pun turut ambil bagian. Bahkan ada beberapa di antara peserta adalah seorang ibu-ibu. (MC Isen Mulang/nai)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*