INFO
Hari Anak Nasional Momentum Jaga Masa Depan Generasi

Hari Anak Nasional Momentum Jaga Masa Depan Generasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Keluarga terutama orangtua termasuk merupakan pihak yang paling bertanggung jawab terhadap tumbuh kembang seorang anak.

Menjaga anak didik  dengan sebaik mungkin, sama artinya  melindungi  masa depan generasi penerus bangsa. Point  ini disampaikan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dalam sambutannya  yang dibacakan Plt Asisiten I  Setda Kota Palangka Raya, Murni D Djinu, pada acara Hari Anak Nasional (HAN) 2019, di halaman SMP Nasional Palangka Raya, Jum’at (26/7/2019).

Lebih lanjut dalam sambutannya walikota menyebutkan, jika tema hari anak nasional tahun 2019 ini bahwa anak Indonesia harus gembira.

“Maka saya ingin mengajak kita semua, selalu menggembirakan anak anak kita. Baik selaku orang tua maupun pendidik,  karena dengan hati gembira anak anak tentu menjadi bahagia, sehat, cerdas, percaya diri dan mandiri,” ajaknya.

Tak kalah penting lagi, semua orang tua dan pendidik menjadi contoh teladan yang baik bagi anak. Penting juga anak-anak untuk mengenal adat budaya nenek moyang agar tumbuh rasa cinta pada tanah air.

“Salah satu harapan pemerintah Kota yang ingin dicapai, yakni melalui mementum HAN ini mampu mendorong mewujudkan Kota Cantik menjadi salah satu Kota Layak Anak (KLA),” papar Murni menyampaikan.

Kenapa demikian kata dia, pemerintah kota Palangka Raya ingin turut mewujudkan satu misi jangka panjang yang ingin dicapai oleh Pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), yakni Indonesia Layak Anak Tahun 2030.

Sementara itu Lili Handayani Ketua Forum Puspa Kalteng mengatakan, kegiatan hari anak nasional yang digagas di SMP Nasional Palangka Raya tersebut, adalah wujud sinergitas antara Forum Puspa dengan Gerakan Organisasi Wanita (GOW) serta Organisasi Wanita Hindu Dharma Kota Palangka Raya yang didukung penuh Pemerintah Kota Palangka Raya.

“Ini kegiatan sinergi kita untuk mengedepankan nilai positif pada anak, melalui kegiatan sosialisasi dan olahraga serta permainan gembira. Terpenting kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong Palangka Raya dalam mewujudkan kota layak anak,’ bebernya.

Lili menekankan, momentum hari anak nasional ini lebih kepada mengingatkan pentingnya ketahanan keluarga dalam menjaga kedudukan anak di era millienial, sehingga anak dapat bertumbuh kembang dengan baik.

Adapun tema besar HAN 2019 kali ini adalah Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak dengan tagline yang akan didengungkan: Kita Anak Indonesia, Kita Gembira!. Kita Gembira untuk mengajak seluruh warga Indonesia merayakan dan merenungkan kembali tentang pelindungan anak dalam keluarga. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*