TERKINI

Hari Pentakosta, Moment Melayani Dengan Kasih Kepada Siapapun

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Hari ini segenap umat kristiani memperingati hari Pentakosta, ibadah hari minggu (31/5/2020) menggunakan tata ibadah hari raya pentakosta secara live streaming dari gereja Hosana jemaat Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Palangka I.

Pemberitaan Firman Tuhan disampaikan Pendeta Uga Muses, terambil dari kitab injil Yohanes 20: 19-23 dengan perikop Yesus Menampakkan diri kepada murid-muridNya.

Dalam kitab Perjanjian Baru hari pentakosta disebut hari pencurahan Roh Kudus, tepat lima puluh hari setelah kebangkitan Yesus.

Dalam kitab Perjanjian Lama, bangsa Israel menyebut pentakosta sebagai hari pengucapan syukur atas pembebasan dari perbudakan mesir bagi umat Israel.

Lanjut Pdt. Uga, Pencurahan roh kudus menetapkan hari pentakosta, pertama lahirnya gereja atau jemaat mula-mula, karena banyak orang yang tinggal di Yerusalem menyaksikan peristiwa pencurahan roh kudus, mereka memberi diri untuk dibaptis oleh Rasul berjumlah 300 orang itulah jemaat mula- mula.

Roh kudus dicurahkan pada semua orang baik anak-anak, orang muda, orang tua, laki-laki maupun perempuan, ini memberi arti bahwa Tuhan tidak membedakan orang dalam jemaatnya.

Kedua hari pentakosta adalah sejarah lahirnya iman kekristenan jemaat mula-mula, ketiga adalah Allah melengkapi para Rasul dengan dengan roh kudus sehingga mereka dimampukan untuk menjadi saksi Kristus.

Keempat adalah moment bagi setiap orang percaya memaknai bersedia dan mampu melayani didasari dengan kasih kepada siapapun, kelima roh kudus memberikan bimbingan kepada orang percaya untuk hidup benar.

Roh kudus berkuasa dalam hidup orang percaya untuk memelihara, memperlengkapi, mengerti, memampukan, menuntun,” Pdt Uga (MC. Isen Mulang/tina/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*