INFO
Hasil Evaluasi LKIP SOPD Pemko Palangka Raya Tahap I Kategori C

Hasil Evaluasi LKIP SOPD Pemko Palangka Raya Tahap I Kategori C

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Salah satu Tupoksi Inspektorat Kota Palangka Raya  selaku Aparatur Pengawas  Intern Pemerintah adalah melaksanakan evaluasi Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Pemko Palangka Raya, berdasarkan  Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014 dan  Permenpan RB Nomor 12 tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP), ungkap Inspektur Kota Palangka Raya,  Alman P. Pakpahan,  di ruang kerjanya Jum’at (12/4/2019, setelah memantau kegiatan Desk pendampingan  Evaluasi LKIP SOPD.

Lanjut Alman,  LKIP sangat penting untuk dilaksanakan mengukur kegagalan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan dan sasaran dan sekaligus mengevaluasi program dan kegiatan SOPD dalam mendukung Visi dan Misi kepala daerah yg tertuang dalam RPJMD.

LKIP instrumen manajamen kinerja amanat atribusi yg wajib dilaksanakan kepala SOPD dan sekaligus raport kepala SOPD. 

Alman menjelaskan Inspektorat sudah melaksanakan Evaluasi LKIP SOPD Pemerintah Kota Palangka Raya tahun 2018 tahap I. 

Ada Lima komponen yang dinilai dalam evaluasi LKIP SOPD yaitu kesatu Perencanaan Kinerja,  kedua Pengukuran Kinerja,  ketiga Pelaporan Kinerja,  keempat Evaluasi Internal dan kelima Capaian Kinerja. 

Menurut Alman, setelah mencermati hasil evaluasi LKIP SOPD Pemko Palangka Raya tahun 2018 tahap I, hasilnya dari 36 jumlah SOPD Pemko Palangka Raya nilai rata-rata mendapat kategori C, artinya Kurang,  Sistem dan tatanan  kurang dapat diandalkan,  memiliki sistem untuk 
manajemen kinerja tapi perlu banyak perbaikan minor dan perbaikan yang mendasar.

Menyikapi hasil evaluasi LKIP SOPD Pemko Palangka Raya tersebut, maka diberikan kesempatan untuk SOPD memperbaiki  LKIP pada tahap II,  ungkap Alman. (MC. Isen Mulang/ tina).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*