INFO
Hasil Razia KTP Rp6,6 Juta Disetor ke Dukcapil

Hasil Razia KTP Rp6,6 Juta Disetor ke Dukcapil

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pekan lalu tim gabungan yang dikoordinir oleh anggota Satpol PP Kota Palangka Raya mengadakan razia kartu tanda penduduk (KTP).

Sasarannya para pengendara yang melintasi Jalan Tjilik Riwut Km 4,5 Palangka Raya. Para pengendara diarahkan ke Stadion Tuah Pahoe untuk dilakukan pemeriksaan KTP.

Bagi yang membawa KTP bisa meneruskan perjalanan, namun yang tidak bisa menunjukan, terlebih dahulu didata dan selanjutnya dilakukan penindakan sidang tindak pidana ringan (Tipiring).

Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Benhur Pangaribuan mengatakan razia KTP ini dilaksanakan dalam rangka menegakkan Perda No 4 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Dalam razia tersebut anggota Satpol PP berhasil menjaring 66 orang. Dari hasil sidang Tipiring diperoleh uang denda sebesar Rp6.600.000. Uang ini kemudian disetorkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Besaran denda sesuai Pasal 106 ayat 1 sebesar Rp 200 ribu untuk WNA dan Rp100 ribu untuk WNI. Ini tindakan non justitia,” tulis Benhur, Senin (8/7/2019).

Benhur menjelaskan penertiban non yustisial adalah tindakan yang dilakukan Satpol PP dalam rangka menjaga ketertiban umum terhadap pelanggaran Perda dan tidak sampai proses peradilan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*