INFO
Hingga Juli 2019 Ada 12 Karhutla di Palangka Raya

Hingga Juli 2019 Ada 12 Karhutla di Palangka Raya

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Sejak Maret hingga Juli 2019 tercatat 12 kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di wilayah Kota Palangka Raya.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Gloria Aden saat berbicara pada sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutla di Kelurahan Langkai Kecamatan Pahandut Palangka Raya, Senin (8/7/2019).

Dijelaskan 13 kejadian karhutla yang sudah direkap tersebut secara rinci pada bulan Maret ada satu kejadian karhutla, sedangkan bulan April hingga Mei, nihil terjadi karhutla. Kemudian memasuki bulan Juni terjadi kembali karhutla sebanyak 4 kejadian dan Bulan Juli ada 7 kejadian.

Meski tidak merincikan berapa luasan lahan yang terbakar dari 12 kasus karhutla sepanjang 2019 ini, namun menurut Gloria, luas lahan yang terbakar mencapai puluhan hektare.

“Kita berharap jangan sampai ada terjadi lagi kebakaran lahan. Masyarakat harus menghindari membuka lahan dengan cara membakar dimusim kemarau ini,” imbaunya.

Ditempat yang sama Plt Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Supriyanto, menyebutkan wilayah yang paling banyak terjadi karhutla sepanjang Maret hingga Juli tersebut adalah Kecamatan Jekan Raya, seperti di Kelurahan Bukit Tunggal.

“Ya, saat ini sudah musim kemarau, sehingga kondisi lahan sangat kering rentan sekali terbakar,” ujarnya.

Sejauh ini tambah Supriyanto dari 12 kebakaran lahan tersebut, setidaknya ada dua orang yang dijadikan tersangka oleh kepolisian” Ini sebagai efek jera, sebab pemerintah melarang keras membakar lahan sepanjang musim kemarau ini,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*