INFO
Hingga Juli Tercatat 21 Kejadian Kebakaran di Pemukiman “Kota Cantik

Hingga Juli Tercatat 21 Kejadian Kebakaran di Pemukiman “Kota Cantik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Terhitung sejak Januari hingga Juli tahun 2019, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya mencatat telah terjadi 21 kejadian musibah kebakaran bangunan di kawasan pemukiman penduduk yang tersebar di lima kecamatan kota setempat.

“Dari seluruh kasus kejadian kebakaran sebanyak itu terjadi pada bangunan rumah penduduk,” kata Kepala DPKP Kota Palangka Raya, Gloria Aden melalui Kabid Pengendalian Operasional, Walter, Kamis (18/7/2019).

Walter menjelaskan jumlah kejadian kebakaran di kawasan pemukiman itu secara rinci yakni sejak bulan Januari ada 6 kejadian dengan jumlah kerugian Rp740 juta, bulan Februari ada 5 kejadian dengan kerugian sebesar Rp1,5 Milyar lebih.

Kemudian pada bulan Maret ada 3 kejadian dengan kerugian Rp2,5 Milyar lebih. Lalu bulan April ada 2 kejadian dengan kerugian Rp100 Juta lebih. Selanjutnya bulan Mei ada 1 kejadian dengan kerugian Rp160 Juta. Setelah itu bulan Juni ada 1 kejadian dengan kerugian Rp75 Juta dan pada bulan Juli ada 3 kejadian dengan kerugian Rp 390 Juta.

“Jika ditotalkan jumlah kerugian dari kejadian musibah kebakaran pada kawasan pemukiman di lima kecamatan ini, setidaknya mencapai Rp4,2 Milyar lebih,” sebut Walter.

Dikatakan, penyebab kebakaran bangunan rumah penduduk di kawasan pemukiman ini, sebagian besar diakibatkan arus pendek listrik. Hanya sebagian kecil saja diakibatkan kelalaian.

“Kebanyakan konsleting atau arus pendek jaringan listrik. Bisa jadi banyak kabel-kabel listrik di rumah warga sudah tua dan rawan korsleting,” duganya.

Hingga saat ini lanjut Walter pihaknya terus berupaya menekan angka kebakaran, terutama melalui kegiatan sosialisasi kepada masyarakat.

“DPKP telah memiliki aplikasi Forweb Mobdam yang dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan apabila ada kejadian atau musibah apapun ke pihak DPKP,” terangnya.

Melalui aplikasi ini ucap Walter, masyarakat dapat dengan segera menghubungi pihak damkar atau DPKP, dengan smartphone yang dimiliki. “Cukup mengklik alamat dalam aplikasi. Personil akan merespon cepat apabila terjadi kejadian atau musibah kebakaran,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*