INFO
Idealnya Jumlah SOPD Kota Sama dengan Provinsi

Idealnya Jumlah SOPD Kota Sama dengan Provinsi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini Pemerintah Kota Palangka Raya berencana merevisi sejumlah urusan, termasuk evaluasi keberadaan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) yang ada.

Sebab dari beberapa urusan ada yang overlapping atau tumpang tindih antara SOPD yang satu dengan yang lainnya. Juga ada SOPD yang dinilai keberadaannya perlu dilebur dengan SOPD lain.

Namun Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Palangka Raya, Murni D Djinu menyarankan jika bisa ke depannya jumlah SOPD di Kota Palangka Raya sama dengan di provinsi.

“Hal itu untuk mempermudah koordinasi antara kota, provinsi, bahkan hingga ke pusat. Kalau nama dinasnya sama, maka dalam koordinasi lebih mudah,” ucap Murni, Selasa (27/8/2019).

Pihaknya mencontohkan jika nama SOPD antara kota dan provinsi tidak sama, maka akan menyulitkan dalam koordinasi. Misalnya jika di provinsi ada dinas pendidikan, maka di kota juga dinas pendidikan.

“Misalnya kalau dalam revisi nomenklatur nanti nama dinas pendidikan di kota ditambah dengan pemuda dan olahraga, sedangkan di provinsi dinas pemuda dan olahraga berdiri sendiri, maka dalam koordinasi lebih sulit,” tegasnya.

Selain fungsi koordinasi, menurutnya dengan samanya jumlah SOPD antara kota, provinsi, atau pusat, maka juga akan memudahkan dalam penentuan mata anggaran. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*