TERKINI

Identifikasi Permasalahan Kesehatan Masyarakat Melalui Lokus Germas

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya selenggarakan Launching Inovasi Lokus Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kota Palangka Raya dan Deklarasi Kelurahan Open Defecation Free (ODF) tahun 2022 di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya, Jumat (18/11/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah, dan Kader Kesehatan Lokus Germas Kota Palangka Raya.

Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu dalam sambutannya mewakili wali kota Palangka Raya mengatakan bahwa Germas merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan bersama-sama. Tujuannya untuk memasyarakatkan hidup sehat serta meninggalkan perilaku yang kurang sehat.

“Dengan adanya Germas ini, diharapkan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dengan cara meningkatkan aktivitas fisik secara teratur dan terukur, mengonsumsi pangan yang sehat setiap hari,” ucap Hera.

Dikatakannya, sebagai bentuk implementasi Germas, dibentuklah Lokasi Fokus (Lokus) Germas di tingkat kelurahan. Kota Palangka Raya saat ini memiliki 10 Lokus Germas di wilayah kerja puskesmas yang telah dibina dan telah melaksanakan kegiatan Germas. Masing-masing lokus Germas memilki inovasi cara mengajak masyarakat berperilaku sehat melalui program-programnya.

“Inovasi Lokus Germas dilakukan sebagai usaha kepekaan pemerintah dalam hal ini Kelurahan dan Puskesmas sebagai perpanjangan Pemerintah Kota Palangka Raya bekerjasama dengan lintas sektor untuk mengidentifikasi permasalahan kesehatan masyarakat yang ada di wilayahnya masing – masing,” sambung Hera.

Diakhir sambutannya Hera berharap bahwa kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga Kota Palangka Raya dapat menjadi percontohan bagi Kabupaten/Kota yang telah menerapkan Germas di Provinsi Kalimantan Tengah. (MC Isen Mulang/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*