INFO
Implementasikan Tujuh Pilar Germas

Implementasikan Tujuh Pilar Germas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo mengatakan, kesehatan masyarakat menjadi salah satu faktor perhatian utama dalam masa kepemimpinan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, selain sektor pendidikan dan sektor perekonomian.

Sementara terkait kesehatan masyarakat di tengah kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini kata dia, maka dinkes saat ini sedang gencar-gencarnya mengimplementasikan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas)

“Terutama melalui tenaga kesehatan dan kader kesehatan yang berada di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di masing-masing kelurahan,”ungkapnya, Jumat (27/11/2020).

Disadari lanjut Andjar, kesehatan masyarakat saat ini sangat penting diperhatikan. Apa lagi di tengah kondisi seperti saat ini kesehatan adalah salah satu hal yang wajib ditingkatkan guna memproteksi diri dari berbagai macam penyakit.

Andjar menyebut, ada tujuh pilar Germas yang ingin pihaknya impelementasikan di Kota Palangka Raya. Pilar pertama, melakukan aktivitas fisik berupa olahraga. Kedua mengkonsumsi buah dan sayur, ketiga tidak merokok, keempat tidak mengkonsumsi alkohol, kemudian kelima memeriksa kesehatan secara rutin.

Berikutnya pilar ke enam, yakni rutin membersihkan lingkungan sekitar, sementara pilar ketujuh, masyarakat diarahkan untuk menggunakan jamban sehat seperti menggunakan water closet (WC) bukan jamban yang di pinggiran sungai.

“Pentingnya Germas ini diimplementasikan, tidak lain untuk membiasakan masyarakat menerapkan perilaku dan pola hidup yang bersih dan sehat terlebih lagi di tengah pandemi covid-19 ini,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*