INFO
Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, Kesiapan Kalteng Sebagai Ibukota Negara

Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, Kesiapan Kalteng Sebagai Ibukota Negara

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Rombongan tim kerja Komisi XI DPR RI melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka membahas inflasi, pertumbuhan ekonomi serta wacana persiapan pemindahan ibukota negara ke Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (29/7/2019) bertempat di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri menyambut baik kedatangan kunjungan kerja Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan dan lembaga keuangan non bank.

Menurut Fahrizal Fitri untuk Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah berada pada level yang cukup baik dan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah tumbuh sebesar 5,64% dan menduduki peringkat kedua dari Provinsi Kalimantan Utara dan dari seluruh provinsi di pulau kalimantan.

Lanjutnya pertumbuhan ekonomi kalteng juga lebih tinggi dari nasional yang tumbuh sebesar 5,17% sedangkan pertumbuhan ekonomi untuk kalteng pada tahun 2019 triwulan I sebesar 6,03% dan lebih tinggi dari nasional sebesar 5,06%, sedangkan inflasi kalteng bulan juni tahun 2019 berada pada tingkatan 2,89%, pencapaian inflasi yang rendah dan stabil tidak lepas dari peran aktif dan komitmen Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Untuk mendukung wacana pemindahan ibukota negara ke Kalimantan Tengah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan persiapan diantaranya melakukan identifikasi lokasi serta mengkaji status lahan dan letak kawasan serta mencadangkan lahan seluas 300,000-500,000 hektare untuk rencana lokasi calon ibukota negara pada daerah segitiga emas diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Katingan.

Rombongan Komisi XI  DPR RI  dipimpin langsung oleh ketua Komisi XI DPR RI Ir.Michael Jeno, MM dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalimantan Barat.

Menurut, Jeno tujuan dari Kunjungan Komisi XI ke Kalteng adalah untuk mendapatkan informasi-informasi tentang upaya-upaya pencapaian target pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi serta prospek perekonomian di Provinsi Kalteng dan mengenai isu pemindahan ibukota negara ke Provinsi Kalteng dan ingin mengetahui kesiapan pemerintah Pusat tentunya Bappenas sebagai leading sektor karena masih pada level perencanaan dan bagaimana kriteria yang dicanangkan oleh pemerintah dalam menentukan lokasi ibukota serta kendala yang dihadapi baik teknis maupun non teknis, pungkasnya. (MC Isen Mulang/Adi/Fauji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*