INFO

Ingat !…. 3 M Efektif Berantas DBD

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seiring masih tingginya angka curah hujan, maka kewaspadaan terhadap penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) harus terus dilakukan.

“Kasus DBD selalu menjadi masalah kesehatan yang perlu diperhatikan dan diupayakan terus-menerus oleh berbagai pihak terutama dalam hal pencegahan,”ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, dr.Andjar Hari Purnomo, Senin (11/2/2019) di Palangka Raya.

Sejauh ini kata Andjar, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah guna mengatasi fenomena penyakit DBD ini. Dari upaya pencegahan sampai dengan pengobatan.

“Saya sampaikan upaya pencegahan yang paling efektif, murah dan mudah adalah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui gerakan 3 M,”jelasnya lagi.

Gerakan 3 M yang dimaksud jelas Andjar, yakni menguras, menutup, tempat-tempat penampungan air serta mendaur ulang barang-barang bekas yang dapat menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Seperti botol, ban bekas, sampah plastik plus menaburkan bubuk abate pada tempat-tempat penapungan air yang sulit dikuras.

“Penggunaan lotion anti nyamuk, menggunakan pakaian panjang di siang hari, serta aktif memantau jentik setiap minggu di rumah sendiri juga merupakan bagian dari pencegahan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*