INFO
Inovasi “Reward” untuk Bangun Kesadaran Bayar Pajak

Inovasi “Reward” untuk Bangun Kesadaran Bayar Pajak

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kurangnya kesadaran membayar pajak dari wajib pajak di Kota Palangka Raya menjadi persoalan tersendiri bagi Pemerintah Kota Palangka Raya. Meskipun berbagai upaya menanamkan kesadaran taat membayar pajak telah dilakukan.

Menurut Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, harus terus melakukan upaya meningkatkan sektor pajak tersebut. Salah satunya melakukan terobosan dengan membuat inovasi baru yang dapat mendorong wajib pajak tergugah melaksanakan kewajibannya membayar pajak.

“Contoh untuk ketaatan wajib pajak menyetor pajak, maka dapat dilakukan secara sederhana. Misalkan  memberikan penghargaan kepada wajib pajak yang melakukan pembayaran tepat waktu,” katanya, Selasa (9/4/2019).

Bentuk penghargaan ini kata dia, merupakan salah satu inovasi sekaligus strategi yang bisa diterapkan oleh pemerintah daerah guna mendorong kepada para wajib pajak untuk selalu membayar pajak tepat waktu.

“Dengan adanya strategi ini bisa memotivasi para wajib pajak untuk berlomba-lomba membayar pajaknya tepat waktu,” ucap Beta menerangkan.

Menurut Beta, jika pajak dibayarkan tepat waktu maka pendapatan asli daerah (PAD) yang telah ditargetkan dimungkinkan bisa lebih tercapai, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa melampaui target.

Perlunya inovasi itu lanjut Beta, bukan tanpa sebab, mengingat yang menjadi kendala pemerintah kota pada penerimaan sektor pajak dan retribusi daerah, yakni tidak mampu terserap dengan maksimal pemasukan dari wajib pajak, sehingga menjadi tunggakan.

“Saya pikir Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Kota Palangka Raya perlu memberikan sentuhan berupa penghargaan alias reward,” cetusnya lagi.

Adanya inovasi-inovasi seperti iniah imbuh Beta yang ditunggu pihaknya agar pencapain PAD, dari sektor pajak dapat lebih maksimal tercapai. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*