INFO

Inspektorat Kota Palangka Raya G elar Worshop Penilaian Risiko dan Bimbingan Konseling Manajeman Risiko

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Untuk mewujudkan penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Inspektorat Kota Palangka menggelar Worshop Penilaian Risiko dan Bimbingan Konseling Manajeman Risiko.

Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mewakili Walikota Palangka Raya menyampikan tujuan SPIP sesuai dengan peraturan pemerintah yakni tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Menurutnya membangun sebuah manajemen risiko dalam sebuah organisasi perangkat daerah tidaklah mudah tetapi bukan tidak mungin dilaksanakan.

“Dengan membuat perencanaan yang berkualitas dan manajemen yang baiktentunya akan membuat kinerja pemerintah akan lebih baik lagi,” kata Hera menyampaikan sambutan Walikota Palangka Raya di Ruang Rapat Kantor Walikota Palangka Raya, Selasa (13/10/2020).

Hera Nugrahayu mengatakan berdasarkan penilaian BPKP Deputi bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah terkait Penjaminan Kualitas (Quality Assurance) atas Penilaian Mandiri Kapabilitas APIP pada Inspektorat Kota Palangka Raya dinyatakan naik level menjadi level 3 (tiga) penuh.

“Saya mengharapkan dengan hasil yang di dapat Inspektorat ini akan berdampak nyata pada pelayanan publik yang disajikan pemerintah kepada masyarakat sesuai dengan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya,” ujar Hera.

Menyikapi hasil yang diperoleh dari BPKP tersebut Hera Nungrahayu menyampaikan pemerintah Kota Palangka Raya akan melaksanakan hal – hal yang direkomendasikan seperti meningkatkan kematangan pengelolaan risiko dan mengimplementasikan kapabilitas APIP level 3 dengan melakukan penilaian efektivitas pengelola risiko pemerintah daerah serta meningkatkan
praktik – praktik sebagaimana termuat dalam kapabilitas level 3.

Worshop Penilaian Risiko dan Bimbingan Konseling Manajeman Risiko diikuti oleh seluruh kepala organisasi perangkat daerah dan didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah. (MC. Isen Mulang/Rani/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*