INFO
Inspektorat Palangka Raya Sidak ke Kantor Kelurahan

Inspektorat Palangka Raya Sidak ke Kantor Kelurahan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Inspektur Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan, tampak meluapkan emosi serta kekesalannya di Kantor Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya. Rabu (13/3/2019) pagi.

Kenapa demikian ?, Alman yang datang bersama tiga orang staff hanya bertemu dengan Lurah Panarung Irwan Faisal, sementara pegawai lainnya termasuk sekretaris kelurahan tidak kelihatan batang hidungnya.

Kekesalan Alman semakin menjadi-jadi, pasalnya hingga pukul 08.40 WIB para pegawai  Kelurahan Penarung itu tidak ada satupun yang muncul. Terlihat mantan Plt Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya ini sedikit menceramahi Lurah Panarung mempertanyakan kenapa sebab para pegawai kelurahan tidak disiplin dalam bekerja.

“Jujur saya  miris melihat keadaan, berarti benar laporan masyarakat kepada inspektorat bahwa pegawai di Kelurahan Panarung ini molor datang ketempat kerja. Padahal masyarakat sudah menunggu-nunggu untuk mendapatkan pelayanan,” tandas Alman, seusai  dari kelurahan tersebut.

Menurut Alman, dirinya sengaja melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Kelurahan Panarung tidak lain untuk menindaklanjuti laporan warga bahwa pegawai dikelurahan tersebut acap kali molor datang kekelurahan, sehingga pelayanan publik menjadi terganggu.

“Sebagai Inspektur yang telah diberikan amanah oleh Walikota Palangka Raya tentu harus melaksanakan fungsi dan tugasnya. Terutama menjalankan apa yang menjadi keinginan walikota dalam hal peningkatan pelayanan publik. Akan tetapi kalau kehadiran aparatur pada jam kerja di kantor seperti ini maka mustahil hal tersebut akan tercapai. Padahal kantor kelurahan merupakan ujung tombak pelayanan”, tukasnya.

Dikatakan Alman, Kelurahan Panarung selama ini adalah salah satu kelurahan yang sering menjadi aduan masyarakat. makanya kata dia, pihak inspektorat  melakukan sidak sesuai jam masuk kerja, yakni Pukul 07.00 WIB.
“Kan terbukti, hanya lurahnya saja yang datang. Ini bahkan sudah mendekati pukul 09.00 WIB, pegawai lainnya mana. Para pegawai  ini akan kami lakukan riksus (pemeriksaan khusus), tegasnya.

Sementara itu Lurah Panarung, Irwan Faisal mengatakan, sejatinya para ASN sudah tahu aturan yang sudah ditetapkan terutama  kedisiplinan masuk kerja.

“Hal ini selalu diingatkan, namun intinya ASN itu sudah tahu apa tugas dan kewajibannya serta aturan. Semuanya berpulang kemasing-masing individu,”tuturnya singkat.

Adapun selain melakukan sidak ke Kelurahan Panarung, maka pada hari itu Alman dan sejumlah stafnya juga melakukan pengecekan ke Kelurahan Langkai dan Kelurahan Pahandut Seberang. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*