INFO
Integritas ASN Menjadi Benteng dari Pengaruh Korupsi

Integritas ASN Menjadi Benteng dari Pengaruh Korupsi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pembangunan budaya integritas nasional sangat penting dilakukan, sebagai bentuk antisipasi terhadap meningkatnya korupsi di lembaga yang ada di Indonesia, termasuk di Kota Palangka Raya.

Ungkapan tersebut di sampaikan Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, usai membuka kegiatan workshop kolaborasi tunas integritas nasional di Aula Peteng Karuhei (PK) II, kantor Walikota Palangka Raya, Kamis (11/7/2019).

Fairid menekankan pentingnya workshop tersebut dilaksanakan, selain berguna dalam  memberikan pengembangan sikap integritas dalam mengabdi bagi ASN, disisi lain ASN akan memiliki sikap integritas yang tinggi untuk menghindari perbuatan melakukan korupsi.

“Maka itu saya katakan, budaya integritas harus tertanam dalam setiap jiwa ASN, sebagai bentuk antisipasi  maupun benteng diri untuk terhindar dari sikap atau prilaku  korupsi ,” tegasnya.

Sementara itu terkait  integritas nasional itu sendiri tambah Fairid, adalah upaya untuk mewujudkan Indonesia yang berintegritas dalam rangka mendukung pemberantasan korupsi secara terintegrasi yang melibatkan semua pilar penting bangsa.

Selama ini, praktik korupsi identik dengan penyalahgunaan kekuasaan (power). Kekuasaan meliputi diskresi dan monopoli tersebut perlu diseimbangkan dengan transparansi dan integritas untuk mengendalikan serta menghindari perilaku korupsi.

“Korupsi merupakan musuh terbesar di negeri ini. Karena dampak strukturalnya yang besar dan signifikan yaitu rusaknya struktur budaya dan moral akibat korupsi,” tukas  Fairid.

Maka itu tambah dia, integritas dan gerakan anti korupsi sangat penting, guna menanamkan prinsip prinsip dan nilai-nilai anti korupsi.

“Kita sebagai warga negara Republik Indonesia harus berperan aktif di dalam lingkungan sebagai motor penggerak anti korupsi,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*