INFO
Intensifkan Pembasahan Lahan Gambut

Intensifkan Pembasahan Lahan Gambut

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Palangka Raya terus terjadi.
Beberapa titik api yang membakar lahan gambut disejumlah kawasan,  dikhawatirkan menimbulkan api lanjutan, jika tidak dilakukan pembasahan.

Plt Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Palangka Raya Supriyanto melalui Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Kaffeno Nahan, mengatakan, jika tim penanggulangan karhutla yang terdiri dari person BPBD, Damkar, TSAK dan TNI/Polri, maupun masyarakat peduli api, terus memantau kondisi lahan yang sempat terbakar, sekaligus mengintensifkan pembasahan pada sisa-sisa bara api yang membakar lahan bergambut.

“Upaya pemadaman dan juga pembasahan dilapangan terus dilakukan semua stakeholder terkait,” terangnya, Sabtu (3/8/2019).

Dikatakan Kaffeno,  area lahan yang memiliki gambut tebal, juga menjadi fokus penting pengawasan dari tim penanggulangan dan pencegahan karhutla Palangka Raya.

Kalau lahan gambut yang terbakar pada sejumlah titik di Palangka Raya selama ini kata dia, adalah lahan gambut kategori masih tipis, sehingga dapat ditanggulangi.

“Intinya pemerintah melalui stakeholdersnya serta masyarakat, harus lebih kerja keras dan waspada.Terlebih puncak kemarau terjadi di bulan Agustus dan September, akan rentan terjadinya karhutla,” ingatnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*