INFO
ISTA 2019, Kalteng Ajukan Kereng Bangkirai dan Sebangau

ISTA 2019, Kalteng Ajukan Kereng Bangkirai dan Sebangau

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Setidaknya ada 17 destinasi wisata di Indonesia mendapat penganugerahan Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018. Satu di antaranya berasal dari Kalimantan Tengah, yakni Taman Nasional Tanjung Puting.

Hebatnya, Taman Nasional Tanjung Putting yang berada di Kotawaringin Barat ini menjadi satu-satunya destinasi wisata di Pulau Kalimantan yang mendapatkan ISTA 2018.

“Untuk tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi Kalteng kembali mengajukan dua destinasi wisata. Yakni wisata Kereng Bangkirai (Air Hitam) dan Taman Nasional Sebangau untuk mendapatkan ISTA, yang semuanya berada di Kota Palangka Raya” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Guntur Talajan, Selasa (9/7/2019).

Dua destinasi wisata yang ada di wilayah Palangka Raya ini kata Guntur, sangat layak untuk bisa mendapatkan anugerah ISTA 2019.

ISTA itu sendiri kata dia, merupakan ajang tertinggi pencapaian tingkat nasional, atas keberhasilan kepariwisataan suatu daerah yang mampu dikembangkan dengan prinsip pariwisata berkelanjutan serta produk wisata berkelanjutan.

Perlu diketahui, obyek wisata Kereng Bangkirai selama ini dikenal dengan “Air Hitam” merupakan bagian dari lini unggulan wisata yang ada di Kota Palangka Raya. “Banyak spot yang ditawarkan pada destinasi wisata Kereng Bangkirai” ujar Guntur.

Jika pengunjung jauh masuk kedalam lanjut Guntur maka secara tidak langsung sudah memasuki wilayah Taman Nasional Sebangau. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 568.700 hektar (ha), dimana akan dijumpai danau dengan air berwarna hitam yang dikelilingi tanaman rasau yang indah yang biasa hidup di rawa gambut.

“Pengunjung bisa menyewa perahu mesin atau yang biasa disebut kelotok dari dermaga Kereng Bangkirai,” tuturnya.

Jika jauh lagi masuk kedalam lanjut Guntur, maka akan ada anak anak sungai yang indah. Seperti Sungai Koran, disana jika beruntung akan melihat secara langsung, mamalia seperti monyet, bakantan ataupun kera.

“Sebangau ini kaya flora dan juga fauna. Sungai memiliki spot yang kaya akan ikan. wisatawan bisa berwisata sambil memancing menggunakan perahu, dan berfose dengan suasana alam serta natural,” demikian kata Guntur. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*