TERKINI
Jadikan Museum Sebagai Wisata Edukasi

Jadikan Museum Sebagai Wisata Edukasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Uria Nanyu Ludjen, mendorong para pelajar atau peserta didik untuk memanfaatkan keberadaan museum sebagai tempat berwisata edukasi.

“Museum Balanga salah satunya yang kita miliki harus bisa dimanfaatkan oleh peserta didik sebagai wisata edukasi,”ungkap Uria, seusai memberikan materi pada kegiatan dialog museum, Senin (29/11/2021).

Menurutnya, museum menyimpan beragam koleksi, baik bersifat seni budaya, kearifan lokal, serta menyimpan koleksi berejarah, berfilosopi bahkan bernilai tradisi dan religi. Karenanya akan sangat bermanfaat bagi para pelajar untuk menambah pengetahuannya.

Akan tetapi sayangnya beber Uria, ternyata dari sekian pelajar yang hadir mengikuti kegiatan dialog museum tersebut, rata-rata belum pernah sebelumnya berkunjung ke Museum Balanga.

“Saat saya tanya kepada
puluhan pelajar SMAN 2 Palangka Raya yang menjadi peserta pada kegiatan kali ini, ternyata hanya ada satu siswa saja yang pernah datang ke museum ini,”tukasnya.

Karenanya ungkap Uria, dengan adanya kegiatan tersebut setidaknya dapat membangun motivasi para pelajar untuk menjadikan Museum Balanga sebagai pilihan berwisata yang bernilai edukasi.

“Ajaklah saudara atau teman-teman mengunjungi Museum Balanga. Bagus lagi bila diposting pada medsos sebagai bentuk ajakan atau promosi,”tambahnya.

Uria berharap, para pelajar khususnya generasi milenial untuk menjadikan Museum Balanga, maupun obyek wisata yang ada di Kalteng pada umumnya dan Kota Palangka Raya pada khususnya, menjadi pilihan saat berwisata. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*