INFO
Jadikan Pasar Kahayan Raih Predikat Pasar Aman 2019

Jadikan Pasar Kahayan Raih Predikat Pasar Aman 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Tim dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat beberapa waktu lalu  datang ke Kota Palangka Raya untuk melakukan penilaian  terhadap pasar tradisional yang ada di ‘Kota Cantik’ Palangka Raya.

Salah satunya adalah Pasar Kahayan yang mendapatkan penilaian guna mendapatkan predikat “Pasar Aman” tahun 2019 tingkat nasional.

“Kami mendengar bahwa Pasar Kahayan ini diajukan BPOM Palangka Raya untuk bisa meraih predikat Pasar Aman Tahun 2019. Kami rasa ini perlu didukung banyak pihak,” ungkap Wakil Ketua Komisi B  DPRD Kota Palangka Raya, At Prayer, Jum’at (25/1).

Menurutnya, dengan telah diajukannya Pasar Kahayan untuk bisa meraih predikat pasar aman, maka diharapkan  Pemerintah Kota Palangka Raya dapat ambil bagian agar mendorong pasar ini nantinya benar-benar  berhasil masuk dan meraih predikat tersebut.

“Program itu tentunya sangat bagus, maka dari itu kami dari DPRD mengharapkan pemerintah ikut ambil bagian guna mewujudkannya,” cetus At Prayer

Terlebih lanjut dia, dalam mewujudkan Pasar Aman tersebut tentunya ada beberapa komponen yang dinilai. Dimana salah satu penilaiannya adalah adanya peranan pemerintah dalam mendukung operasional pasar tersebut.

“Untuk menjadi pasar aman, maka harus aman dari segala sesuatunya. Baik itu sarana dan prasarana pasar ataupun juga peranan pedagang dalam menjual barang dagangannya yang harus aman dari segala macam bahan berbahaya,” bebernya.

At Prayer juga mencontohkan, peranan pemerintah daerah itu salah satunya Dinas Kesehatan (Dinkes), dimana harus terus melakukan sosialisasi kepada pedagang dan melakukan sidak untuk memastikan bahan pangan aman.

“Selain Dinkes, maka dinas lainnya seperti Disperindag dan OPD lainnya juga turut mempunyai kewenangan maupun peran untuk mewujudkan agar Pasar Kahayan benar-benar mampu menjadi Pasar Aman,” tandasnya.

Dalam bagian lain tambah At Prayer, pihaknya berharap agar  para pedagang untuk terus menjual barang dagangan yang sehat, tidak menggunakan bahan berbahaya.

“Bila Pasar Kahayan ini nantinya mampu  meraih predikat Pasar Aman, maka secara tidak langsung akan memberikan efek positif bagi meningkatkan pengunjung,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*