INFO
Jakstrada Pemko Palangka Raya Kelola Sampah

Jakstrada Pemko Palangka Raya Kelola Sampah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya melaksanakan Rapat Penyempurnaan Kebijakan dan Strategi Daerah (JAKSTRADA) di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya, Rabu (16/10/2019).
 
Rapat dibuka oleh Staf Ahli Walikota Palangka Raya yang juga Plt. Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto dan narasumber pada Rapat Penyempurnaan Kebijakan dan Strategi Daerah adalah Kepala Seksi Sampah Spesifik Direktorat Pengelolaan Sampah KLHK, Tunjung Puitika.
 
Menurut Tunjung, pengelolaan sampah perlu perubahan mindset di masyarakat yang selama ini hanya sebatas kumpul – angkut – buang. Dengan cara tersebut menyebabkan penumpukkan sampah di depo atau bank sampah sehingga menimbulkan bau dan air dari sampah tersebut bisa mengalir ke jalan.
 
“Perlu paradigma baru di masyarakat untuk mengelola sampah dimulai dari rumah, dengan memilah sampah organik dan non organik. Sampah organik bisa kita kelola kembali menjadi kompos. Dengan memanfaatkan pupuk organik untuk tanaman akan memiliki nilai jual yang lebih mahal daripada pupuk kimia” jelas Tunjung.
 
Tunjung menjelaskan bahwa dengan adanya Jakstrada di Kota Palangka Raya tentang pengurangan dan penanganan sampah menjadi salah satu syarat utama penilaian Adipura. 
 
“Perlu komitmen bersama, partisipasi semua pihak dan perubahan perilaku hijau dalam pengelolaan sampah secara nasional untuk mewujudkan Indonesia yang bersih, nyaman, sehat dan indah” ucap Tunjung.
 
Untuk Kota Palangka Raya sendiri, kebijakan dan strategi pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga dilakukan melalui pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemprosesan akhir. 
 
Yusran, Kepala Bidang Penataan dan Lingkungan Hidup menyebut bahwa target penanganan sampah di Kota Palangka Raya yakni 30% dari pengurangan dan 70 % penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga sehingga target sampai tahun 2025 sampah sudah terkelola dengan baik. Jika pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya dikelola dengan baik dan benar, tidak mustahil kita mendapat Penghargaan Adipura.
 
“Penanganan sampah di Kota Palangka Raya ini tidak hanya tugas dari DLH Kota Palangka Raya saja, tapi juga harus terus bersinergi dari dinas lain khususnya Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) agar Kota Palangka Raya ini sesuai dengan julukannya yaitu menjadi Kota Cantik, tutup Yusran. (MC.Isen Mulang/Rani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*