INFO
Jalan dan Drainase di Pasar Besar Palangka Raya Perlu Perhatian

Jalan dan Drainase di Pasar Besar Palangka Raya Perlu Perhatian

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Warga Jalan Jawa dan Jalan Bangka (Komplek Pasar besar) Palangka Raya meminta pihak Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya,  untuk meninjau secara langsung infrastruktur jalan dan drainase, yang ada pada kawasan pasar besar dimana saat ini dalam kondisi memprihatinkan.

“Dengan melihat secara langsung kondisi jalan yang rusak dan drainase yang kerap menyebabkan terjadinya genangan air di kawasan pasar,” ungkap Ketua Pengurus Pasar Besar Palangka Raya, H. Hamidan, Kamis (27/6/2019).

Menurutnya, kondisi jalan yang rusak dan berlobang, serta meluapnya drainase seperti di Jalan Bangka lambat laun akan semakin parah. Terlebih jika hujan turun, maka kawasan itu akan seperti  kubangan lumpur.

“Kawasan pasar merupakan urat nadi perekonomian masyarakat. Terlebih dijalan ini juga ada rumah ibadah. Sayang tidak didukung infrastruktur jalan dan drainase yang memadai,”tukasnya.

Setidaknya lanjut Hamidan, pertigaan jalan Jawa dan Bangka di pasar besar tersebut, kerap menjadi langganan  tergenang air. Terlebih luapan itu berasal dari saluran drainase yang tidak berfungsi mengalir dengan baik.

Memang kata dia, genangan air di jalan itu sebelumnya sempat ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya, tapi saat itu petugas hanya mengangkut sampah dari drainase, belum secara teknis mengetahui secara persis upaya mencegah terjadinya genangan air.

Ditempat yang sama Ketua RT 04 RW 18 Kelurahan
Pahandut Kecamatan Pahandut, Suriansyah mengungkapkan, jika terjadi hujan deras, maka akan memperparah kondisi  dari infrastruktur jalan.

“Lihat saja, jalan Bangka ini rusak parah dan jadinya seperti kubangan lumpur, sehingga mengganggu akses ke pasar,  terlebih di situ ada dua buah rumah ibadah yang selalu dilalui masyarakat,” tuturnya.

Selama ini kata dia, warga seperti berinisiatif menimbun jalan agar tidak jadi kubangan lumpur. Hanya saja lagi-lagi kondisinya masih seperti semula, yakni  jalan tampak bergelombang penuh lubang.

“Kami mohon pemko dan anggota DPRD kota untuk melihat langsung kondisi jalan dan drainase di jalan Bangka pasar besar ini atau persisnya depan Gereja Imanuel,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*