INFO

Jalin Kemitraan Untuk Pemantapan Program Desa Wisata Di Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah bersama-sama dengan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Raya lakukan kunjungan ke salah satu mitra kerja untuk pengembangan pariwisata di Palangka Raya, Jumat (10/1/2020) ke PT. Kalimantan Isen Mulang yang dikenal dengan Borneo Escape Adventure yang terletak di Jl. Tjilik Riwut Km. 36 Palangka Raya.

Kegiatan kunjungan ini dalam rangka pemantapan program pegembangan desa wisata yang berada di wilayah Kota Palangka Raya. Desa wisata yang ada di Kota Palangka Raya terdiri dari 12 desa dan salah satunya adalah di Sei Gohong.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, Guntur Talajan katakan saat berbincang-bincang dengan Mahrus Vogel salah satu teman yang membantu Ririn selaku Direktur Utama Borneo Escape Adventure untuk membenahi manajemen perusahaanya dibidang pariwisata yang berada di wilayah Rungan Sari ini diharapkan bisa membantu dalam pengembangan dan pemantapan program desa wisata yang berada di Sei Gohong.

Kunjungan ini sangat disambut baik oleh Ririn yang juga sebagai pengelola Resort Ecovillage. Dalam perbincangannya dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, Mahrus juga sampaikan bahwa agar konsep desa wisata tersebut bisa berjalan dengan baik perlu ada fasilitas yang mendukung yang menyatu pada kehidupan masyarat setempat sesuai dengan keunikan dan tradisi yang berlaku.

Lanjut Mahrus, masing-masing desa mempunyai karakter sosial masyarakat yang berbeda dan menjadi suatu ciri khas masyarakat setempat. Hal yang penting juga adalah harus ada leader dalam komunitas masyarakat itu sebagai penggerak sehingga kosep desa wisata itu akan diminati oleh pengunjung.

Senada dengan yang disampaikan oleh Guntur Talajan dan Mahrus, Kabid Pemasaran Pariwisata Disparbudpora Kota Palangka Raya, Martiana Winarsih sampaikan bahwa sebuah komunikasi yang baik untuk pendatang merupakan hal utama, karena dengan begitu akan menciptakan kenyamanan bagi pengunjung desa wisata.

Tak kalah penting adalah inovasi, dengan perkembangan jaman yang semakin hari semakin membutuhkan pembaharuan, maka dari itu pertumbuhan sebuah desa juga memerlukan konsep yang menarik dan terus menawarkan hal yang baru. Pengelola desa wisata juga harus melakukan pembaharuan atau inovasi agar selalu terlihat menarik untuk di kunjungi, tutup Martiana. ( MC. Isen Mulang/iin/Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*