INFO
Jangan Abaikan Kecakapan Keorangtuaan

Jangan Abaikan Kecakapan Keorangtuaan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tidak semua calon ibu atau calon bapak paham bagaimana menjadi orangtua yang baik. Buktinya, semakin banyak orangtua yang mengabaikan keluarga, dan tidak memahami fungsi dan tugas sebagai orangtua bagi anak-anaknya.

Hal inilah yang mendasari Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Palangka Raya menggelar sosialisasi kecakapan keorangtuaan, Senin (19/11/2018) , di Aula Peteng Karuhei (PK) II Kantor Walikota Palangka Raya.

Sosialisasi ini dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya Hj Umi Mastikah, sejumlah jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, BKOW Provinsi Kalteng, Asosiasi Psikolog Kota Palangka Raya,  TP PKK Kota Palangka Raya, IKIAWAN Kota Palangka Raya dan peserta sosialisasi, guru dan bunda PAUD serta undangan lainnya.

“Kecakapan keorangtuaan jangan sampai diabaikan, mengingat begitu pentingnya memiliki kecakapan guna memenuhi  kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang optimal. Yakni asih,asah dan asuh,”ungkap Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah dalam sambutannya.

Disampaikan Umi, keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama. Disamping itu keluarga adalah tempat lahirnya benih generasi dan sumber inspirasi dan contoh pendidikan bagi anak-anak, memenuhi kebutuhan anak untuk tumbuh kembang optimal.

Namun demikian, saat ini diperlukan keselarasan dalam meningkatkan tumbuh kembang anak. Dimana, selain keluarga, maka selanjutnya para pendidik di sekolah berperan penting menjadi panutan untuk memberikan energi positif dalam menanamkan karakter anak.

“Saya berharap kegiatan sosialisasi ini tidak hanya pada skala kecil saja, namun skala besar yang langsung menyentuh kemasyarakat perlu dilakukan,” cetusnya.

Hal ini kata Umi, bukanlah tanpa sebab, mengingat tanggungjawab orangtua maupun tenaga pendidik terhadap pendidikan maupun pengasuhan dan perawatan anak harus dilakukan secara ideal. Baik pendidikan kesehatan reproduksi dan pencegahan HIV/AIDS, pendidikan untuk pengelolaan ekonomi keluarga, pendidikan untuk pemberian makanan bergizi (menu seimbang) serta pendidikan untuk keadilan dan kesetaraan, dan pendidikan pencegahan narkoba.

Sementara itu Ketua GOW Kota Palangka Raya, Lili Hadiyani mengatakan, kegiatan sosialisasi kecakapan keorangtuaan merupakan  program kerja yang menjadi agenda tahunan GOW, yang menekankan pengetahuan dan pendidikan kecakapan orangtua dan peran pendidik (guru) dalam membesarkan anak, baik dari segi  perkembangan fisik, emosi, sosial, dan intelektual anak.

“Untuk saat ini sasaran sosialisasi adalah para pendidik ditingkat sekolah taman kanak-kanan dan PAUD serta oragnisasi dibawah binaan GOW Kota Palangka Raya,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*