INFO
Jangan Ada Perpeloncoan Saat MPLS

Jangan Ada Perpeloncoan Saat MPLS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tidak lama lagi siswa baru, khususnya pada tingkat SMP di Kota Palangka Raya bersiap mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), yakni pada 15 Juli 2019 ini.

Seiring dengan itu Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya telah mewanti-wanti dan dengan menitik beratkan pada penguatan nilai nilai edukasi tanpa ada perpeloncoan didalamnya.

“Kita ingatkan, jangan sampai ada perpeloncoan. MPLS bertujuan agar peserta didik baru dapat lebih mendekatkan diri pada lingkungan sekolah,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan, Rabu (10/7/2019).

Menurutnya, MPLS jangan diartikan salah, sebab tujuan utama kegiatan disekolah tersebut, untuk lebih mendorong peserta didik mampu beradaptasi membangun rasa kekeluargaan dengan unsur sekolah.

“Banyak aspek-aspek penting yang harus disesuaikan oleh anak didik kita ketika masuk kesekolah. Terutama bagaimana ia mampu menyesuaikan diri,”tambah Sahdin.

Sejatinya kata dia, MPLS menjadi sarana bagi peserta didik untuk mendapatkan motivasi dan semangat, agar ketika menjadi bagian dari sekolah ia mampu lebih giat dalam belajar sekaligus berprestasi.

“MPLS dapat dijadikan sarana belajar efektif, sekaligus membangun interaksi positif antar siswa maupun dengan tenaga pendidik,”ujarnya.

Disdik Kota Palangka Raya lanjut Sahdin telah meminta dan mengingatkan kepada setiap sekolah, dalam hal ini para guru untuk mengawasi ketat bagaimana pelaksanaan MPLS, sehingga tidak ada hal-hal yang merugikan.

“Intinya, hindari kekerasan fisik atau cara-cara perpeloncoan. Sebab MPLS ini bagian dari cara bagaimana peserta didik baru mendapat pengetahuan awal tentang kondisi sekolahnya,” tegasnya.

Secara teknis imbuh Sahdin, mekanismen pelaksanaan MPLS itu sendiri diserahkan sepenuhnya kepada setiap sekolah.

“Sekolah di Kota Cantik ini, sudah mengetahui arah dari MPLS. Terutama jangan sampai ada kekerasan fisik. Kita akan awasi ketat, jika melanggar tentu ada konsekuensi,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*