INFO

Jaringan Telekomunikasi di Lokasi Kemah Budaya Nasional akan Diperkuat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Palangka Raya, Drs Murni menggelar rapat dengan mengundang pihak provider telekomunikasi yang ada di Kota Palangka Raya dan panitia lokal yang terkait dalam pelaksanaan Kemah Budaya Nasional yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Tuah Pahoe pada 17-21 Juli 2017 mendatang.

Pihak yang diajak dalam rapat ini meliputi dinas kebudayaan dan pariwisata sebagai leading sektor pelaksana kemah budaya, perwakilan dari Kwarcab Pramuka, Asisten II Rahmadi HN, dinas PU, dinas perumahan dan permukiman, PT Telkom Indonesia dan PT Telkomsel.

Dalam paparannya Drs Murni mengatakan berdasarkan hasil survei lapangan diketahui jika di Bumi Perkemahan Tuah Pahoe yang akan digunakan sebagai lokasi kemah budaya saat ini jaringan telekomunikasi masih kurang, karena hanya ada BTS milik Indosat. Oleh karena itu perlu diberikan perangkat tambahan supaya sinyalnya kuat. Sebab jaringan yang akan digunakan oleh sekitar 2.000 orang tamu yang hadir.

“Saat ini BTS atau tower telekomunikasi terdekat berada di pertigaan Jalan RTA Milono-Jalan Surung. Jaraknya sekitar 1,5 kilo meter dari lokasi kemah budaya,” tuturnya.

Selain membahas jaringan telekomunikasi, dalam rapat ini Murni juga meminta kepada sejumlah provider untuk bisa memberikan pelayanan prima kepada peserta kemah budaya, misalnya dengan menjual pulsa dan paket data. Sebab lokasi kemah budaya dengan permukiman warga yang menjual kebutuhan komunikasi, jaraknya cukup jauh.

Sementara itu Asisten II Rahmadi HN mengharapkan kepada provider ada jaminan saat pelaksanaan kemah budaya nanti kualitas jaringan telekomunikasi yang lancar. Sebab tamu yang akan datang ke Kota Cantik Palangka Raya juga ada yang dari luar negeri.

Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Palangka Raya, Kadarismanto menyampaikan hingga saat ini sudah ada 28 provinsi yang sudah menyatakan akan hadir, termasuk dari 13 kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah.

“Sedangkan dari luar negeri yang sudah menyatakan akan hadir sudah ada 5 negara dari 7 negara yang diundang,” ucapnya. Kadarismanto memastikan acara kemah budaya nasional ini akan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sementara itu perwakilan dari Telkomsel mengusulkan untuk memperkuat signal dilokasi kemah budaya nanti akan didirikan menara combat atau menara mini dengan ketinggian antara 7-8 meter. Sedangkan dari PT Telkom Indonesia juga nengusulkan agar memperpanjang jangkauan kabel fiber optik khusus untuk layanan telekonference.

Mencermati usulan tsb peserta rapat menyepakati perlu melakukan survey bersama dg pihak telkomsel, pt telkom, indosat dan panitia lokal yang terkait, dinas budpar, dinas kominfo ke lokasi buper tuah pahoe guna memastikan ketersediaan jangkauan jaringan telekomunikasi. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*