INFO
Jelang Idulfitri, Dishub Awasi Ketat Aktivitas Travel Liar

Jelang Idulfitri, Dishub Awasi Ketat Aktivitas Travel Liar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Alman P. Pakpahan menegaskan, pihaknya akan memperkatat pengawasan sekaligus penertiban travel liar, yang masih nekat beraktivitas membawa penumpang keluar masuk kota setempat.

“Operasi penertiban travel liar yang ingin membawa penumpang telah dilakukan, hal ini akan terus dimaksimalkan. Terlebih menjelang hari raya Idulfitri,” tegasnya, Jumat (22/5/2028).

Menurut Alman, sidak travel-travel angkutan penumpang, yang biasanya singgah untuk mengantar dan mencari penumpang di ruas tikungan jalan Trans Kalimantan, sangat tepat dilakukan guna meminimalisir terjadinya transmisi lokal Covid-19.

“Selama ini banyak travel liar ber plat Kalsel mencari penumpang di ruas tikungan jalan. Seperti di jalur Trans Kalimantan di Kelurahan Kalampangan,” ujarnya.

Terlebih Kota Palangka Raya dan Banjarmasin saat ini sama-sama menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayahnya, sehingga semua pengawasan dilakukan ketat.

Apalagi saat ini telah ada Permenhub Nomor 25 tahun 2020 yang membatasi arus mudik selama lebaran. Demi mencegah transmisi antar daerah virus tersebut.

“Iya, dengan pengawasan ketat, maka modus-modus yang dilakukan oleh masyarakat maupun angkutan travel untuk masuk ke Kota Palangka Raya dapat diketahui,” beber Alman.

Contohnya, terciduknya mobil pick up yang membawa penumpang di bak belakang dan menutupnya dengan terpal. Lalu, adalagi penumpang mobil berjalan kaki menembus hutan untuk menghindari pemeriksaan, kesemuanya ketahuan petugas jaga di lintas batas. (MC. Isen Mulang.1/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*