INFO
Jelang Pemilu, Perekaman e-KTP Berjalan Normatif

Jelang Pemilu, Perekaman e-KTP Berjalan Normatif

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, Lukmanul Hakim, mengatakan, menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2019 ini, tidak ada peningkatan ataupun lonjakan warga yang melakukan  proses pengajuan permohonan dan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

“Permintaan perekaman berjalan normatif atau berjalan seperti hari-hari biasa. Jadi tidak ada lonjakan warga yang melakukan perekaman sejalan dekatnya pelaksanaan pemilu bulan April ini,” ungkapnya, Jum’at (25/1/2019).

Dikatakan Lukman, bila berdasarkan hari biasa pelayanan kependudukan, maka kondisi pelayanan tetap berjalan sebagaimana biasanya terutama terhadap besaran warga yang datang.

“Ya, sampai  bulan Januari tahun ini, rata-rata warga yang melakukan permohonan maupun melakukan perekaman KTP masih berkisar 80-100 orang per hari. Kondisi ini sama saja dengan hari-hari ditahun sebelumnya,” sebutnya lagi.

Menurut Lukman, secara umum sebagian besar masyarakat Kota Palangka Raya telah memiliki e-KTP. Terlebih di tahun 2018 sebelumnya baru saja dilaksanakan Pilkada sehingga permintaan perekaman e-KTP lebih banyak terlihat pada momen tersebut.

Sementara itu kata dia, untuk kendala Dukcapil kota saat ini hanyalah pada menipisnya blanko e- KTP. Yakni, kurang dari 100 buah blanko.

“Namun kami sudah mengajukan ke pusat untuk kembali menambah stok blanko, agar pelayanan kependudukan di sini bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Sejalan dengan itu semua tambah Lukman, pihaknya akan tetap melakukan upaya mengantisipasi, kemungkinan terjadinya lonjakan permintaan perekaman e-KTP, terutama menjelang hari H pelaksanaan pemilu nanti. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*