INFO
Jembatan Retak Menuju Obyek Wisata Air Hitam Ditutup Sementara

Jembatan Retak Menuju Obyek Wisata Air Hitam Ditutup Sementara

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tingginya intensitas hujan yang turun di Kota Palangka Raya tampaknya membuat ketinggian debit air disaluran – saluran drainase induk meninggi serta membuat aliran air meluap.

Akibatnya tidak sedikit yang berdampak pada jembatan yang keberadaannya jadi lintasan saluran air drainase induk. Seperti jembatan di Jalan Tjilik Riwut yang dalam kondisi mengalami keretakan serta tergerus akibat derasnya luapan dan aliran air. Hal serupa juga terjadi pada jembatan di Kelurahan Kereng Bengkirai yang saat ini juga dalam kondisi parah, dimana keretakan semakin besar hingga mengalami penurunan alias hampir ambrol.

Ditanya terkait hal ini Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Arbert Tombak tidak menepis jika sejumlah jembatan yang bagiannya melintas saluran drainase ada mengalami keretakan atau tergerus akibat meluapnya air.

Dalam penanganan kondisi jembatan tersebut kata dia, tentu tidak semerta-merta cepat dilakukan. Seperti jembatan di Kelurahan Kereng Bengkirai yang merupakan penghubung menuju ke tempat wisata Dermaga Kereng Bangkirai (Air Hitam), maka harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

“Tenaga teknisi atau jasa konsultan sebagai ahlinya, tentu akan membuat perencanaan terlebih dahulu. Terutama dalam melakukan langkah tepat sebelum dilakukan perbaikan atau pembangunan,”ujarnya, Minggu (19/1/2020).

Untuk sementara tambah Arbert, jalan ke arah tempat wisata Kereng Bengkirai tersebut ditutup. Akan tetapi bagi masyarakat sekitar ataupun warga yang ingin ke tempat wisata kereng, masih masih bisa melewati Jalan Maduhara.

“Jadi masih ada alternatif masuk dari arah Jalan Maduhara yang tembus ke wisata Air Hitam,”tukasnya.

Sedangkan terkait jembatan di Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya tambah Arbert, jauh sebelumnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah provinsi dan juga kementerian dalam hal pembangunan jembatan tersebut.

“Sudah kami lakukan koordinasi dengan pihak pemprov dan kementrian. Semoga jembatan di Jalan Tjilik Riwut Km 1 ini cepat dilakukan perbaikan,”harapnya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Palangka Raya Basirun B Sahepar yang sempat melakukan peninjauan terhadap jembatan yang rusak di Kereng Bangkirai, meminta kepada pemerintah kota untuk segera melakukan perbaikan.

“Saya sudah melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah kota terkait jembatan rusak ini. Infonya dalam waktu dekat ini mereka akan melakukan perbaikan,”bebernya.

Kata Basirun, perbaikan drainase di Kota Cantik memang perlu banyak dilakukan peningkatan kualitas. “Karena saat ini kita mulai masuk musim penghujan. Jika drainase banyak yang mampet maka akan membuat banjir di beberapa titik kota,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*