INFO

Jika Lebih Awal Ditemukan Gejala, Harapan Sembuh Besar

MEDIA CENTER, Kota Palangka Raya – Press Release Penyebaran Kasus Covid-19 Tanggal 9 Juli 2020 Kota Palangka Raya di Ruang Command Center Kantor Walikota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut KM. 5,5 Kota Palangka Raya, Jumat (10/7/2020).

Press Release tersebut di hadiri oleh Staf Ahli Walikota Palangka Raya, Drs. Murni dan Drs. Suprianto selaku juru bicara terkait kasus penyebaran Covid-19 di Pemerintah Kota Palangka Raya.

Drs. Murni dalam laporannya mengatakan
perkembangan menyangkut Covid-19 terhitung data masuk sampai dengan hari Kamis tanggal 9 Juli 2020 terkonfirmasi Positif sejumlah 406, ada perbaikan data 3 kasus positif (terjadi di Kel : Bukit Tunggal +2, Pahandut -2, Palangka -3 ). Terkonfirmasi sembuh sejumlah 238 orang, ada penambahan 13 orang sembuh.

Sedangkan pasien dalam perawatan berjumlah 132 pasien ada pengurangan 17 orang, untuk pasien yang meninggal ada 36 orang terjadi penambahan 1 orang meninggal, Orang Dalam Pemantauan atau ODP sejumlah 58 orang, tidak ada penambahan jumlah pasien ODP, sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan atau PDP ada berkurang 2 orang sehingga totalnya 62 orang.

Sementara itu jumlah pasien covid 19 yang rawat inap di RSUD Kota Palangka Raya di Kalampangan sejak ditemukannya kasus Covid-19 di Kota Palangka Raya terhitung sampai dengan hari Kamis tanggal 9 Juli 2020 berjumlah 56 orang, dari jumlah itu terdapat Pasien sembuh berjumlah 30 Orang (bertambah 2 Orang).

Kesembuhan ini sudah tentu memberi harapan kepada kita semua bahwa jika lebih awal ditemukannya gejala pada diri seseorang dan langsung ditangani secara medis maka kemungkinan dan harapan sembuhnya akan lebih besar, oleh sebab itu mari kita semua melakukan pemeriksaan kesehatan baik berupa rapid test maupun swab.

Sejak 1 Juli 2020 Pemerintah Kota Palangka Raya melalui RSUD Kota Palangka Raya telah mengadakan peralatan laboratorium PCR untuk melakukan tes SWAB yang juga sudah dioperasionalkan. Peralatan tersebut pada saat ini berada di RSUD Kalampangan dan siap dioperasionalkan dengan kemampuan 100 spesimen/hari, kemampuan ini masih bisa dioptimalkan tergantung perkembangan pandemi Covid-19.

Dari laporan yang diterima hingga hari ini RSUD Kalampangan telah melakukan pemeriksaan PCR sebanyak 218 spesimen, yang hasilnya terdapat 25 orang dinyatakan positif Covid-19. Dengan adanya peralatan ini kita semua berharap untuk mampu mendeteksi dini penularan Covid-19 pada diri seseorang sehingga virus ini dapat dikendalikan dan orang tersebut segera ditangani secara medis. (MC. Isen Mulang/Fauji/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*