INFO
JPIC Dorong Partisipasi Publik untuk Tingkatkan Layanan Publik

JPIC Dorong Partisipasi Publik untuk Tingkatkan Layanan Publik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna memaksimalkan layanan pengaduan publik berbasis partisipasi publik, YAPPIKA-Action Aid (YAA) bersama dengan PATTIRO, Justice &Peace Integrity of Creation (JPIC) Kalimantan dan Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar pelatihan Sistem Pengelolaan Pengaduan Layanan Publik Nasional dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR).

Bama Adiyanto, Koordinator Pelaksana JPIC Kalimantan mengatakan, pihaknya bersama dengan mitra kerja melaksanakan program pelatihan tersebut untuk mempromosikan tata kelola dan akuntabilitas yang baik di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), melalui keterlibatan masyarakat yang aktif dalam penyediaan layanan publik di tingkat lokal.

JPIC kata dia berusaha untuk meningkatkan partisipasi publik dalam meningkatkan layanan publik di Kota Palangka Raya. Salah satunya dengan mendorong kerjasama antar OPD dalam memanfaatkan SIPP, SP4N-Lapor dan e-learning kode etik ASN,”

“Seperti kegiatan ini yang bertujuan mendorong dialog publik melalui konsultasi publik, serta dialog multi stakeholder di Palangka Raya,” ucapnya, Kamis (20/6/2019).

Program ini sebut Bama merupakan kerjasama dengan KemenPAN-RB, Kantor Staf Kepresidenan dan Ombudsman Indonesia.

Dimana fokus dari kegiatan kerjasama itu adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kode etik SIPP, SP4N-Lapor dan ASN. Kemudian meningkatkan kapasitas publik dan memanfaatkan data dan informasi SP4N-Lapor dalam meningkatkan layanan publik.

“Serta fokus untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam menanggapi keluhan publik,” jelasnya.

Selebihnya Bama berharap agar program pelatihan itu dapat memberikan kontribusi yang positif demi tercapainya pelayanan publik yang prima. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*