INFO
Kahayan Boat Festival, Diharap Masuk Kalender Event Kemenpar

Kahayan Boat Festival, Diharap Masuk Kalender Event Kemenpar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Event Kahayan Boat Festival  Tahun 2019 yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, berlangsung semarak.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 30-31 Agustus 2019, selalu dipadati penonton untuk menyaksikan lomba tradisonal, yakni lomba Besei Kambe, lomba Balap Kelotok/Alkon dan lomba Kuliner Boat.

Terlepas dari itu, ada pemandangan berbeda pada hari kedua pelaksanan Kahayan Boat Festival, atau tepatnya pada Sabtu (31/8/2019) sore yang lalu,  dimana event yang mengambil lokasi di kawasan daerah aliran sungai (DAS) Kahayan atau tepatnya di area Jembatan Kahayan dan Taman Pasuk Kameloh tersebut, secara langsung turut disaksikan Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran.

Bahkan tak tanggung-tanggung, orang nomor satu di provinis yang berjulukkan Bumi Tambun Bungai ini, langsung menjajal sebuah jukung  atau perahu kecil yang biasa digunakan nelayan untuk mencari ikan di kawasan DAS Palangka Raya.

Dengan memegang sebuah dayung, Gubernur Sugianto, tampak cekatan mendayung jukung guna menyisir sungai Kahayan. Ia pun terlihat menyaksikan secara langsung aktivitas kegiatan Kahayan Boat Festival, yang saat itu sedang menggelar lomba balap kelotok/Alkon.

Terlihat jelas Gubernur Sugianto, cukup terbiasa menggunakan dayung untuk mengendalikan jukung tersebut melaju dialiran Sungai Kahayan. Meski begitu aksi gubernur menonoton secara langsung Kahayan Boat Festival dari sebuah jukung, turut didampingi sejumlah panita pelaksana kegiatan Kahayan Boat Festival.

Usai mengintari Sungai Kahayan sekaligus menyaksikan lomba balap kelotok/Alkon dengan menggunakan jukung, maka dalam kesempatan itu Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran juga berkesempatan menyerahkan hadiah-hadiah kepada para pemenang lomba.

“Kita berterimakasih kepada Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, yang meluangkan waktu dan  menyempatkan diri menyaksikan lomba Kahayan Boat Festival ini,” ungkap Guntur Talajan, Kepala Disbudpar Kalteng, disela-sela kegiatan event tersebut.

Dikatakan Guntur, usai  menyaksikan dari dekat kegiatan Kahayan Boat Festival, gubernur Kalteng sangat berharap agar event ini bisa masuk pada kalender event nasional atau bagian dari event Kementrian Kepariwisataan (Kemenpar) RI.

“Gubernur menilai event ini sarat dengan kearifan lokal dan merupakan kekayaan serta warisan budaya Dayak yang patut dijaga kelestariannya,” ucapnya.

Ungkap Guntur, digelarnya Kahayan Boat Festival itu selain sebagai rangkaian memperingati HUT ke 74 RI, disisi lain Boat Festival menjadi agenda tahunan yang digelar Disbudpar Kalteng.

“Ini sebagai upaya bersama kita  untuk meningkatkan  promosi budaya dan wisata di Provinsi Kalteng, sekaligus meningkatkan kunjungan wisata serta membangun pemberdayaan ekonomi kreatif dikawasan DAS,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*