INFO
Kalampangan Raih Penghargaan ProKlim Tingkat Nasional

Kalampangan Raih Penghargaan ProKlim Tingkat Nasional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kota Palangka Raya kembali meraih prestasi membanggakan, dimana salah satu kelurahannya, yakni Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sebangau menerima penghargaan Program Kampung Iklim atau ProKlim Utama tahun 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  RI.

Penghargaan itu sebelumnya diterima pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kota Palangka Raya yang diberikan oleh Kementerian LHK bersama dengan 33 kabupaten/kota lainnya se Indonesia baru-baru ini.

Wakil Walikota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah berkesempatan menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut kepada Lurah Kalampangan, Hadi Suwandoyo, usai apel gabungan, Kamis (17/1/2019), di halaman Balai Kota Palangka Raya.

“Kalampangan merupakan satu-satunyanya kelurahan di wilayah Palangka Raya yang berhasil lolos dan dinilai layak menerima penghargaan ini,”ungkap Umi.

Dikatakan, ProKlim merupakan program nasional yang diinisiasi oleh Kementerian LHK sebagai  upaya adaptasi dan mitigasi terhadap  perubahan iklim yang berbasis partisipasi aktif masyarakat dan semua pihak.

Pemko Palangka Raya itu sendiri imbuh Umi, akan serius menggerakan masyarakat untuk melaksanakan program tersebut.

“Dengan diterimanya penghargaan ini, dapat mendorong dan memotivasi seluruh kelurahan yang ada di wilayah ini untuk terus melakukan penghijauan serta menjaga kebersihan lingkungan,”harap Umi.

Sementara itu Lurah Kalampangan,  Hadi Suwandoyo mengatakan, diraihnya penghargaan ini tentu melalui proses, dimana masyarakat Kalampangan sejak lama didorong untuk terus peduli lingkungan. Terutama melalui penataan maupun pola hidup bersih. Bahkan masyarakat kalampangan yang sebagian besar mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan, telah mampu menjalankan usahanya dengan tetap mengedepankan ramah lingkungan.

“Semoga apa yang di dapat masyarakat Kalampangan dapat menjadi pilot project yang dapat diikuti kelurahan lainnya,” tutup Hadi.

Adapun selain menyerahkan secara langsung penghargaan Proklim untuk Kelurahan Kalampangan, usai kegiatan apel gabungan tersebut, Wakil Walikota Palangka Raya Hj Umi Mastikah juga berlesempatan menyerahkan penghargaan sejenis bidang lingkungan yakni sekolah Adiwiyata tingkat nasional Kepada  SMP Santa Maria Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*