INFO

Kalteng Banyak Pilihan, Wisata Lebaran di Jalur Mudik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Momentum mudik libur panjang terutama menjelang hari raya Idulfitri 1440 Hijriyah di tahun ini menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Guntur Talajan, selalu dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata lebaran bersama keluarga ataupun sanak saudaranya.

Menurutnya, jika berkaca dalam beberapa tahun terakhir, terutama pada libur lebaran maka dapat dipastikan tempat wisata akan membludak.

“Menghadapi libur panjang lebaran ini, maka Disbudpar di kabupaten/kota se Kalteng, harus pro aktif mempromosikan obyek wisata,” ungkapnya, Kamis (23/5/2019).

Kata Guntur, sudah sepatutnya jika libur panjang lebaran tahun ini menjadi kesempatan bagi pemerintah kabupaten/kota dalam menyiapkan destinasi atau obyek wisata yang berpotensi menjadi pilihan masyarakat.

Terlebih untuk wilayah Kalteng sendiri, terutama pada jalur-alur mudik, hampir rata-rata daerah kabupaten/kota di provinsi yang dijuluki Bumi Tambun Bungai ini memiliki tempat-tempat wisata potensial yang dapat menjadi alternatif wisata lebaran.

“Makanya setiap Disbudpar kabupaten/kota perlu menyiapkan referensi obyek wisata pada jalur mudik, agar masyarakat mengetahui,” ujarnya.

Meski tidak merincikan secara keseluruhan titik-titik wisata di jalur mudik pada setiap daerah di Kalteng, namun Guntur mencontohkan sejumlah titik jalur mudik, seperti di wilayah Kabupaten Katingan, dimana pada jalur mudik ada obyek wisata susur sungai di Danau Punggu Alas, dan wisata alam Bukit Batu.

Begitu juga untuk jalur mudik di wilayah Kota Palangka Raya, maka destinasi wisata seperti wisata alam dan susur sungai ada disepanjang Kecamatan Bukit Batu, seperti Tangkiling, Danau Tahai, susur Sungai Kahayan, kawasan dermaga Kereng Bangkirai (Air Hitam dan kawasan Taman Nasional Sebangau).

“Intinya, di wilayah Kalteng ini banyak obyek wisata potensial yang ada dijalur mudik yang tak kalah dengan destinasi wisata daerah lain,” pungkas Guntur (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*