INFO
Kalteng Pecahkan Rekor MURI Bakar Jagung Terbanyak se Indonesia

Kalteng Pecahkan Rekor MURI Bakar Jagung Terbanyak se Indonesia

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Provinsi Kalimantan Tengah berhasil memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Bakar Jagung sebanyak 62 ribu tongkol se Indonesia.

Rekor ini mampu mengalahkan predikat Muri Bakar Jagung sebelumnya, yakni Kota Jember Provinsi Jawa Timur yaitu sebanyak 52 ribu tongkol.

Event dengan tajuk festival bakar jagung 62 ribu tongkol ini digelar dalam rangkaian HUT Provinsi Kalteng ke 62, yang dipusatkan di Bundaran Besar Palangka Raya, Minggu (16/6/2019).

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran disela event akbar tersebut mengatakan, rekor Muri bakar jagung 62 ribu tongkol hasil pertanian Kelurahan Kalampangan ini, diharapkan memberi dampak bagi produktifitas jagung di Kalteng

“Ya,  baik dari sisi luas lahan maupun jumlah produksi jagung. Jadi tidak hanya sampai pada event ini saja, tetapi dapat menjadi motivasi untuk pengembangan komoditas selanjutnya,” tuturnya.

Terlebih kata dia,  Kementerian Pertanian menjatahkan tanaman jagung di Kalteng seluas 200 ribu hektare, dan sampai saat ini Kalteng sudah mampu merealisasikan 50 ribu hektare lebih.

Bagusnya, produksi jagung terus meningkat dari tahun 2011 – 2015 sebanyak 12 ribu ton, dan dalam 3 tahun setelahnya, yakni di tahun 2018 menjadi 112 ribu ton jagung.

“Dengan keberhasilan panen jagung dalam jumlah besar ini, maka semua komoditas tanaman pangan harus kita pacu lagi produksinya,” harap Sugianto.

Kedepan lanjut dia, tidak hanya dari sisi hulunya saja yang perlu dikembangkan, tetapi juga harus ada hilirisasi yakni pabrik pakan ternak dari bahan jagung.

“Ada dua jenis jagung di Kalteng ini, yaitu jagung manis untuk konsumsi dan jagung komposit untuk pakan ternak. Kedepan Kalteng tidak tergantung lagi dengan daerah lain,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*