INFO
Kalteng Relevan Sebagai Bumi Pancasila

Kalteng Relevan Sebagai Bumi Pancasila

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Provinsi Kalimantan Tengah atau Kalteng selama ini selain dikenal sebagai Bumi Tambun Bungai, juga makin akrab disebut sebagai Bumi Pancasila.

Menurut sesepuh Kalteng, Sabran Ahmad, bicara sejarah ataupun alasan Kalteng disebut sebagai bumi Pancasila, maka menurutnya bukanlah tanpa sebab bila provinsi ini sangat relevan di sebut sebagai bumi Pancasila.

“Sejarahnya bukan dilihat ketika Kalteng di deklarasikan sebagai Bumi Pancasila yang dilakukan pada 11 Juni 2011, di Tugu Soekarno, Jalan S Parman. Tapi lebih kepada historis serta filosopi kepribadian masyarakat sudah terbentuk jauh sebelum ada negara,”ucapnya.

Bahkan setelah adanya negara sekalipun, implementasi bumi Kalteng diwujudkan dalam pemaknaan Huma Betang, yakni rumah yang tinggi dan panjang, di dalamnya membaur berbagai macam suku bangsa dan agama, tetapi tetap bisa bekerjasama dan bergotong royong.

“Dari huma betang itulah lalu diimplementasikan sebagai filosopi budaya betang , sehingga Kalteng sangat relevan disebut bumi Pancasila,”tuturnya.

Bahkan kata Sabran, dirinya menganjurkan, ada baiknya bila Provinsi Kalteng hanya disebut bumi Pancasila tanpa di tambah adanya istilah bumi Tambun Bungai.

“Selama ini kan disebut bumi Tambun Bungai, bumi Pancasila. Jadi cukup disebut bumi Pancasila saja,”sarannya.

Kenapa demikian kata Sabran, karena penyebutan Bumi Pancasila lebih mudah dirunut unsur pertanggungjawabannya, yakni berupa filosopi budaya betang.
Berbeda dengan bumi Tambun Bungai lebih berorientasi kepada hikayat yang implementasinya hanya berupa unsur mitos.

“Memang tidak salah disebut juga bumi tambun Bungai karena lebih pada unsur untuk meyakinkan keberadaan provinsi ini. Kalau bumi Pancasila unsur atau alasannya jelas, karena ada dalam falsapah budaya betang,”terangnya. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*