INFO
Kalteng Usulkan Lima Event Masuk CoE 2020 Kemenpar

Kalteng Usulkan Lima Event Masuk CoE 2020 Kemenpar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengusulkan sejumlah agenda event yang bernilai seni budaya dan kepariwisataan, agar bisa masuk ke dalam Calender Of Event (CoE) 2020 Kementerian Pariwisata.

“Tadi saya sudah paparan langsung di kantor Kemenpar. Ada lima usulan event Kalteng yang diusulkan,” ungkap Guntur via seluler, Kamis (3/10/2019).

Adapun lima usulan event Kalteng yang diusulkan tersebut lanjut Guntur, yakni Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Festival Babukung, Festival Tanjung Puting, Etnik Sampit dan Festival Maneser Panatau Tatu Hiang.

Sebelumnya kata dia, Kalteng hanya mengusulkan dua event agar bisa masuk ke dalam CoE 2019, yakni event FBIM dan Event Babukung.

“Dua event yang kita usulkan sebelumnya ini berhasil masuk CoE 2019. Seperti FBIM yang sudah kita gelar, dan Babukung yang siap digelar pada Oktober ini,” bebernya.

Selanjutnya sambung Guntur, untuk CoE 2020 ini, Kalteng mengharapkan lima agenda event yang telah diusulkan tersebut, bisa diterima masuk dalam agenda Kemenpar. Sehingga akan memperkuat dukungan dan promosi dalam hal peningkatan kunjungan  wisatawan.

Kelima event itu sendiri ucap dia, jauh sebelumnya sudah menjadi agenda rutin tahunan di gelar di Kalteng. Bahkan Disbudpar Kalteng maupun Disbudpar kabupaten/kota terus mempromosikannya.

“Bila lima event ini bisa masuk CoE, maka upaya penguatan untuk mendongkrak jumlah wisatawan ke Kalteng akan lebih maksimal,” cetusnya.

Tambah Guntur, sepanjang pelaksanaan event yang sarat seni budaya dan kearifan lokal di Kalteng, maka tingkat kunjungan wisatawan ke Kalteng dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

“Terlebih Kalteng memiliki sejumlah destinasi wisata unggulan. Seperti TN Tanjung Puting di Kobar dan TN Sebangau dan desa wisata Kereng Bangkirai di Palangka Raya, pastinya akan melengkapi setiap rangkaian event,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*