INFO

Kantong Semar Jadi Maskot Pilkada Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Nama tumbuhan kantong semar makin populer. Tumbuhan khas Kalimantan ini akhirnya dijadikan maskot dalam Pilkada Kota Palangka Raya 2018.

Dipilihnya kantong bakei sebutan nama lokalnya ini karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya ingin ikut mempopulerkan nama kantong semar ke publik. 

Rencananya maskot kantong semar (Sitongmar) ini akan dikenalkan ke publik oleh KPU Palangka Raya saat program jalan sehat dalam rangka Gerakan Sadar Pilkada Serentak 2018, Minggu (29/10/2017).

Sitongmar ini didesain sendiri oleh staf KPU Palangka Raya. Sitongmar didesain mirip boneka, tapi kepalanya berlubang seperti lubang kantong semar, sedangkan topinya daun yang menutupi lubang kantong.

Sementara itu baju Sitongmar berwarna hitam dan kuning orange. Sebagai motif pendukung dalam baju Sitongmar, dan juga dipadukan dengan corak batang garing simbol kehidupan.

Di Pilkada 2018, Sitongmar memiliki peran ikut mensosialisasikan akan pentingnya memberikan hak pilih. Misalnya dalam gambar ini tangan kanan Sitongmar memasukan kertas suara ke kotak, sedangkan tangan kirinya memegang paku untuk mencoblos gambar pasangan calon.

Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi mengatakan dipilihnya kantong bakei sebagai maskot Pilkada 2018 ini berdasarkan hasil rapat pleno dengan semua komisioner.

Kantong semar sebagai maskot Pilkada karena KPU ingin ikut mempopulerkan, apalagi tanaman endimik Kalimantan ini sudah sejak lama dijadikan ikon oleh Kota Palangka Raya.

“Dulu era 1970-an kantong bakei ini bisa digunakan untuk bikin ketupat, tapi seiring perkembangan zaman, kini sudah bisa dijadikan beberapa motif batik, bahkan sudah ada yang dijadikan sebagai maskot taman,” ujar Eko Riadi, Kamis (26/10/2017). (MC. Isen Mulang)

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*